Governance, Risk Management & Compliance

Pasca Pilpres, Semen Indonesia Berharap Kinerja Membaik

Rabu 22 Mei 2019 8:55:0

PT Semen Indonesia Tbk berharap adanya tren perbaikan terhadap kinerja penjualannya seiring dengan berakhirnya gelaran Pilpres pada 17 April 2019 lalu.

JAKARTA, Stabilitas-PT Semen Indonesia Tbk menilai bahwa momen pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Idul Fitri yang relatif berdekatan cukup membawa pengaruh buruk terhadap kinerja penjualan semen di Indonesia. Pelaku ekonomi disebut memilih wait and see di sepanjang dua momen besar itu, sehingga perusahaan dengan kode emiten SMGR itu merasa cukup kehilangan waktu untuk menggenjot penjualannya.

"Setidaknya kami sudah kehilangan satu semester penuh di sepanjang semester I/2019 ini untuk menggenjot penjualan. Ini karena ada Pemilu dan juga Hari Raya (Idul Fitri) sehingga pelaku utama memilih wait and see dulu dan mengerem belanja infrastrukturnya, termasuk komoditas semen," ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Hendi Priyo Santoso, usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan, di Hotel Sheraton, Jakarta, Rabu (22/5).

Karenanya, dengan telah berakhirnya gelaran Pilpres beberapa waktu lalu, Hendi pun berharap dapat segera menggenjot penjualan untuk mengejar ketertinggalan dan menutupi masa-masa sepi di sepanjang Semester I/2019 ini. Hendi pun berharap keseluruhan proses Pilpres ini cukup dapat diakhiri dengan pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5) dini hari tadi.

"Makanya kalau bisa kami berharap (proses Pilpres) jangan berlarut-larut. Kalau sudah diumumkan ya sudah, selesai. Kembali ke pekerjaan masing-masing. Kalau terus-menerus nggak selesai, maka momen wait and see di pelaku ekonomi bakal semakin panjang. Ini jelas tidak baik untuk iklim industri dan investasi kita," keluh Hendi.

Sebagaimana diketahui, volume penjualan semen perusahaan pada triwulan I/2019 lalu, atau sebelum gelaran Pilpres, memang telah mengalami penurunan menjadi 7,13 juta ton. Capaian tersebut terhitung susut 4,19 persen dibanding catatan volume penjualan pada periode sama tahun sebelumnya yang masih sebesar 7,45 juta ton.

"Nah dengan sudah berakhirnya seluruh rangkaian Pilpres, juga dengan tren positif yang diperkirakan bakal terjadi di sektor properti, kami juga berharap ada potensi rebound terkait kinerja penjualan kami di semester I/2019 ini, maupun juga untuk keseluruhan di sepanjang tahun ini," tegas Hendi. (TS)

Pertamina Setor Deviden 7.95 Triliun

Wed, 05 Jun 2019 - Hasil RUPS juga menyampaikan kinerja keuangan Pertamina dinilai bagus dengan perolehan laba mencapai USD 2,53 miliar atau Rp 35,99 triliun.

Perum Jamkrindo Fasilitasi Mudik Aman dan Nyaman untuk Masyarakat

Wed, 29 May 2019 - Perum Jamkrindo berkomitmen untuk memfasilitasi mudik yang aman dan nyaman bagi para peserta Mudik Bareng BUMN tahun 2019.

Jamkrindo Gelar Safari Ramadhan 2019 di Berbagai Kota

Fri, 24 May 2019 - Perum Jamkrindo tidak hanya mengejar kinerja bisnis semata, tetapi juga terus mewujudkan program-program yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat.

BIPI Kebut Sembilan Proyek Infrastruktur Energi

Mon, 20 May 2019 - PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk mengebut pengerjaan sembilan proyek infrastruktur energi, diantaranya dengan membuka opsi penerbitan right issue dan juga skema partnership.

PTPP Ikut Garap Pembangunan Sirkuit MotoGP di Mandalika

Fri, 17 May 2019 - PT PP Tbk memastikan bakal turut serta dalam proyek pembangunan sirkuit balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).



Non Bank

Tanamduit Targetkan Dana Kelolaan Rp 1 Triliun

Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) T

DJP, DJBC dan DJA Kolaborasi Optimalkan Kesadaran Bayar Pajak

Kolaborasi ini memunculkan beberapa program untuk mengo

Sri Mulyani Lantik Pejabat Eselon II dan Eselon III Kementerian Keuangan

Menkeu juga mengingatkan kepada para pejabat di Kemenke

Kantongi Izin BI, Cashlez Siap Lebarkan Sayap

Setelah sebulan mengajukan izin beroperasi 2 tahun yang

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi