Governance, Risk Management & Compliance

Pasca Pilpres, Semen Indonesia Berharap Kinerja Membaik

Rabu 22 Mei 2019 8:55:0

PT Semen Indonesia Tbk berharap adanya tren perbaikan terhadap kinerja penjualannya seiring dengan berakhirnya gelaran Pilpres pada 17 April 2019 lalu.

JAKARTA, Stabilitas-PT Semen Indonesia Tbk menilai bahwa momen pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Idul Fitri yang relatif berdekatan cukup membawa pengaruh buruk terhadap kinerja penjualan semen di Indonesia. Pelaku ekonomi disebut memilih wait and see di sepanjang dua momen besar itu, sehingga perusahaan dengan kode emiten SMGR itu merasa cukup kehilangan waktu untuk menggenjot penjualannya.

"Setidaknya kami sudah kehilangan satu semester penuh di sepanjang semester I/2019 ini untuk menggenjot penjualan. Ini karena ada Pemilu dan juga Hari Raya (Idul Fitri) sehingga pelaku utama memilih wait and see dulu dan mengerem belanja infrastrukturnya, termasuk komoditas semen," ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Hendi Priyo Santoso, usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan, di Hotel Sheraton, Jakarta, Rabu (22/5).

Karenanya, dengan telah berakhirnya gelaran Pilpres beberapa waktu lalu, Hendi pun berharap dapat segera menggenjot penjualan untuk mengejar ketertinggalan dan menutupi masa-masa sepi di sepanjang Semester I/2019 ini. Hendi pun berharap keseluruhan proses Pilpres ini cukup dapat diakhiri dengan pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5) dini hari tadi.

"Makanya kalau bisa kami berharap (proses Pilpres) jangan berlarut-larut. Kalau sudah diumumkan ya sudah, selesai. Kembali ke pekerjaan masing-masing. Kalau terus-menerus nggak selesai, maka momen wait and see di pelaku ekonomi bakal semakin panjang. Ini jelas tidak baik untuk iklim industri dan investasi kita," keluh Hendi.

Sebagaimana diketahui, volume penjualan semen perusahaan pada triwulan I/2019 lalu, atau sebelum gelaran Pilpres, memang telah mengalami penurunan menjadi 7,13 juta ton. Capaian tersebut terhitung susut 4,19 persen dibanding catatan volume penjualan pada periode sama tahun sebelumnya yang masih sebesar 7,45 juta ton.

"Nah dengan sudah berakhirnya seluruh rangkaian Pilpres, juga dengan tren positif yang diperkirakan bakal terjadi di sektor properti, kami juga berharap ada potensi rebound terkait kinerja penjualan kami di semester I/2019 ini, maupun juga untuk keseluruhan di sepanjang tahun ini," tegas Hendi. (TS)

Perum Jamkrindo Berikan Bantuan Untuk Korban Gempa di Ambon

Mon, 14 Oct 2019 - Perum Jamkrindo berkomitmen untuk terus memantau perkembangan situasi dan pemulihan bencana di wilayah Ambon bersama Tim BUMN Hadir Untuk Negeri serta stakeholders lainnya

Menteri Rini Resmikan Multifunction Hall Kawasan Terpadu Labuan Bajo

Mon, 07 Oct 2019 - Multifunction Hall dengan luasan total 2.102 meter persegi ini ditargetkan rampung pada akhir Desember 2019.

Sinergi 6 BUMN Bangun Balkondes Golaga Purbalingga

Wed, 02 Oct 2019 - Balkondes merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Dikebut Lagi

Tue, 01 Oct 2019 - Pemasangan box girder ini akan mendorong percepatan pembangunan trase yang direncanakan tersambung keseluruhannya pada 2020 mendatang.

Tingkatkan Penyaluran Pembiayaan Produktif, BNI Syariah Gelar Pelatihan UMKM

Thu, 26 Sep 2019 - Sektor ekonomi yang akan menjadi andalan BNI Syariah untuk meningkatkan pembiayaan UMKM terutama mikro adalah pada segmen pembiayaan kelompok perkebunan, peternakan, dan channeling.

Bank Muamalat Jadi Partner Pertama Peruri Pay

Thu, 26 Sep 2019 - Kerja sama antara kedua BUMN ini akan saling melengkapi karena keduanya punya keunggulan di industri masing-masing.



Non Bank

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Digibank Jadi Mitra Distribusi Obligasi Ritel Indonesia

ORI016 adalah salah satu instrumen SBN yang ditawarkan

Fintech Do-It dan AIQQON Jalin Kerja Sama Strategis

Kerja sama ini menargetkan jutaan UMKM Go Digital.

Modalku & Hipmi Jaya Bagikan Kiat Melancarkan Arus Kas Bisnis

Proses Invoice Financing yang cepat menjadikan pinjaman

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi