Governance, Risk Management & Compliance

Pegadaian-KPK Kerjasama Tangkal Gratifikasi & Tingkatkan Penerapan GCG

Selasa 7 Agustus 2018 10:33:0

Kerja sama ini menjadi salah satu upaya Pegadaian untuk membangun integritas yang merupakan salah satu corporate value Pegadaian maupun value dari BUMN.

JAKARTA, Stabilitas -- Untuk memastikan penerapan prinsip good corporate governance (GCG) dengan baik, PT Pegadaian (Persero) berupaya memagari para pejabat dan karyawannya dari upaya gratifikasi dengan cara menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Komitmen dan Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso dan Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan KPK, di Jakarta, Senin (6/8).

"Dengan penandatanganan ini, kami meyakini reputasi Pegadaian sebagai lembaga keuangan BUMN yang terpercaya selalu menerapkan prinsip-prinsip GCG secara baik dan benar. Pegadaian selalu berkomitmen untuk selalu menyelenggarakan prinsip-prinsip GCG yaitu transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness," kata Sunarso.

Kerja sama ini menjadi salah satu upaya Pegadaian untuk membangun integritas yang merupakan salah satu corporate value Pegadaian maupun value dari BUMN. Hal ini sejalan dengan transformasi yang sedang gencar dilakukan oleh Pegadaian, meliputi 2 (dua) area penting yakni transformasi di area digital dan transformasi di area culture. Integritas inilah yang menjadi salah satu pilar nilai budaya kerja Pegadaian.

Program pengendalian gratifikasi, menurut Sunarso, merupakan momentum dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan nasabah kepada Pegadaian. Prinsip-prinsip GCG dan implementasi program pengendalian gratifikasi ini diterapkan kepada seluruh jajaran Pegadaian hingga ke seluruh daerah.

Sunarso mengajak seluruh pimpinan unit kerja, baik direksi, seluruh pimpinan wilayah, hingga anak perusahaan untuk lebih meningkatkan kepercayaan publik dan memastikan sistem berjalan sesuai ketentuan. Pegadaian membangun pengawasan internal untuk memastikan implementasi program pengendalian gratifikasi dan prinsip-prinsip GCG. Baik dikantor pusat maupun sampai di level kantor cabang, Pegadaian telah menerapkan pengendalian internal melalui mekanisme dan sistem yang telah teruji.

"Tentunya ini memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri bagi kita semua bahwa apa yang kita telah laksanakan menjadi suatu hal yang memiliki komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan pengendalian gratifikasi di bisnis keuangan," katanya,

Sementara itu, Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan KPK mengatakan, komitmen bersama ini akan membantu KPK dalam upayanya mencegah dan memberantas korupsi di sektor keuangan. Ia juga berharap, penandatangan komitmen tersebut dapat meningkatkan prinsip GCG di seluruh cabang Pegadaian di Indonesia. "Prinsip good corporate governance seperti di Pegadaian jika diterapkan akan membantu lebih baik industri keuangan," katanya.

Gold for Work Pegadaian Pecahkan Rekor MURI

Fri, 05 Apr 2019 - Kegiatan Gold for Work Pegadaian merupakan bagian dari program pemerintah untuk mengubah sampah menjadi tabungan emas. Menurut DIrut pegadaian, selain mendapat rekening emas, masyarakat juga turut serta menjaga lingkungannya.

Pegadaian & PNM bersinergi Kembangkan Mekaar

Fri, 22 Mar 2019 - Mekaar merupakan program pengembangan ekonomi mikro yang digagas oleh Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani dalam upaya mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga Indonesia.

OJK Buka Suara Terkait RUU Pegadaian

Wed, 13 Mar 2019 - OJK mengungkapkan jika saat ini Undang-Undang Pegadaian masih digodok oleh OJK dan beberapa lembaga lainnya seperti BI, Kemenkeu dan LPS.

Pegadaian Kembali Resmikan Bank Sampah Ke-16

Tue, 05 Mar 2019 - Sebagai wujud nyata program Pegadaian Bersih-Bersih, Pegadaian kembali meresmikan Bank Sampah ke-16 di Makassar. Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal berharap, gerakan ini juga diikuti perseroan lainnya.

Dihadiri Menkeu dan Presiden, Pegadaian Salurkan Kreasi UMi

Fri, 01 Mar 2019 - Pemerinta dan Pegadaian akan terus meningkatkan penyaluranKredit Ultra Mikro (Kreasi UMi) dalam upaya membantu perkembangan UMKM yang belumpernah mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan (unbankable) melalui KUR. Dimana hinggasaat ini program Kreasi U

Dirut Pegadaian Beri Kuliah Umum ke Mahasiwa UNPAD

Mon, 25 Feb 2019 - Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto memberikan kuliah umum mengenai kepemimpinan dan transformasi digital kepada para mahasiswa Unpad Bandung.



Non Bank

Amartha Salurkan Rp970M Dana Khusus Perempuan

Amartha, penyalur pinjaman khusus perempuan pelaku UMKM

Allianz Indonesia Ikuti Perkembangan Fintech Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Dengan mempertimbangkan pesatnya perkembangan fintech,

Ini Peluang dan Tantangan Industri Asuransi Jiwa di 2019

Sebagai kontributor utama industri asuransi, tingkat pe

AIA Catat Pertumbuhan Dua Digit di 2018

AIA berhasil meningkatkan laba operasi setelah pajak me

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi