Governance, Risk Management & Compliance

Pemerintah Genjot Serapan Dana KUR Capai Rp 100 Triliun Akhir Tahun

Minggu 26 Juni 2016 2:1:0

Sampai dengan Juni tahun 2016, total serapan di Bali capai Rp 600 miliar lebih. Sementara untuk seluruh Indonesia mencapai Rp 7,1 triliun.

DENPASAR, Stabilitas -- Menteri Koperasi dan UKM AAN Puspayoga optimis jika serapan dana KUR sampai dengan akhir tahun 2016 ini akan mencapai Rp 100 triliun. Hal ini disampaikan Puspayoga saat bertemu dengan ratusan anggota HIPMI Bali dalam acara buka puasa bersama Sabtu malam (25/6) di Denpasar.

"Kita optimis dan berharap agar sampai dengan akhir tahun ini dana KUR yang terserap capai Rp 100 miliar. Pemerintah akan terus berupaya keras agar dana KUR cepat diserap secara efektif karena dampak perkembangan ekonomi akan sangat besar," ujarnya.

Selain optimisme capaian serapan Rp 100 triliun, Puspayoga mengaku akan terus mengupayakan agar menurunkan bunga serendah-rendahnya. "Pemerintah sedang mengkaji lagi untuk menurunkan lagi suku bunga KUR. Sebelumnya, dari 12 persen turun menjadi 9 persen. Kita akan mengupayakan agar bunganya diturunkan lagi. Tujuannya agar para pelaku UKM tidak terbebani dengan bunga dan nyaman melakukan inovasi usahanya," ujarnya.

Sementara Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo yang ikut mendampingi Puspayoga dalam pertemuan dengan para pengusaha muda di Bali tersebut menjelaskan, sampai dengan 20 Juni 2016, total serapan dana KUR sudah mencapai Rp 51,2 triliun.

"Jadi optimisme Pak Menteri Puspayoga memang benar adanya. Sampai dengan 20 Juni kemarin serapan dana KUR sudah mencapai Rp 51,2 triliun. Masih ada waktu ada waktu 6 bulan ke depan ini dan kita optimis bukan hanya mencapai target tetapi bisa melebihi target," ujarnya.

Menurutnya, ada 7 bank penyalur dana KUR namun seajuh ini menurut laporan, BRI menduduki posisi paling banyak terutama di wilayah Denpasar dan Yogyakarta. "Laporan dari BRI, totalnya ada 19 wilayah di Indonesia tetapi yang paling banyak terserap adalah di Denpasar dan Yogyakarta, namun saya tidak hafal persis angkanya. Kedua wilayah ini saling bersaing dalam penyerapan dana KUR," ujarnya.

Sementara Direktur Utama Lembaga Pengelolah Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan UMKM Kementerian Koperasi dan UKM Kemas Danial menjelaskan, Bali dan Denpasar memiliki serapan yang terbanyak penyerapan LPDB di Indonesia.

"Kalau KUR itu dana masyarakat yang ada di bank, sementara LPDB itu mengolah dana APBN. Makanya bunganya lebih rendah daripada KUR. Makanya Bali terbanyak serap dana LPDB," ujarnya.

Sampai dengan Juni tahun 2016, total serapan di Bali capai Rp 600 miliar lebih. Sementara untuk seluruh Indonesia mencapai Rp 7,1 triliun.

Mendongkrak Efek Kredit Rakyat

Wed, 07 Mar 2018 - Pemerintah kembali memodifikasi skema penyaluran kredit usaha rakyat di tengah kebijakan penurunan suku bunga sektor itu.

Ini Skema Baru Penyaluran KUR 2018

Fri, 19 Jan 2018 - Untuk mendukung percepatan penyaluran KUR di 2018 pihaknya bekerjasama dengan Pemda melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM untuk mengakses KUR.

KUR 2018 Dialokasikan Lebih Besar, Mencapai Rp 120 Triliun

Fri, 19 Jan 2018 - Target KUR 2018 meningkat dibanding tahun 2017 yang sebesar Rp 106, 6 triliun. Sementara jumlah debitur penerima KUR tahun 2018 sebesar 4 juta penerima.

Mandiri Sekuritas Terima Kunjungan Securities Board of Nepal

Fri, 07 Oct 2016 - Kunjungan ini bertujuan untuk berbagi informasi serta transfer pengetahuan mengenai praktik bisnis perusahaan sekuritas di industri pasar modal Indonesia.

Pasarkan Produk di Indonesia, Aberdeen Gandeng Mandiri Sekuritas

Tue, 04 Oct 2016 - PT Aberdeen Asset Management secara resmi menggandeng PT Mandiri Sekuritas untuk kinerja pemasaran produk reksadananya.



Non Bank

Untuk Kemudahan Nasabah, Sequis Life Luncurkan Aplikasi Polisku

Sequis Polisku yaitu aplikasi mobile dan website untuk

AXA Financial Indonesia Luncurkan Produk Terbaru untuk Wanita Modern

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penti

Premi BCA Life Tumbuh 46.33% Jadi Rp 471,308 Miliar di 2017

Seiring dengan penambahan produk baru dan pengembangan

OJK Fokuskan Kebijakan Pada Perlindungan Konsumen Fintech

Dengan fokus pada perlindungan konsumen maka pengembang

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi