Governance, Risk Management & Compliance

PermataBank Gandeng LPEI untuk Penjaminan Kredit

Jumat 4 Oktober 2019 23:16:0

Salah satu hal yang menjadi ruang lingkup kerja sama kredit bank yang diberikan LPEI kepada Bank Permata antara lain kredit dalam bentuk pembiayaan modal kerja.

JAKARTA, Stabilitas--Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan PermataBank menandatangani perjanjian kerjasama penjaminan kredit Bank. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly dan Direktur Utama PermataBank Ridha Wirakusumah di Kantor Pusat LPEI.

Kesepakatan antara LPEI dan PermataBank ini merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang No. 2 tahun 2009 pasal 7C yaitu "Penjaminan bagi Bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor yang telah diberikan kepada Eksportir Indonesia" dan juga difasilitasi oleh SEOJK No. 11/SEOJK.03/2018; POJK No. 14/SEOJK.03/2018; POJK No. 15/SEOJK.03/2018 dan POJK No. 32/POJK.03/2018 sehingga LPEI sebagai lembaga yang memiliki sovereign status dapat memberikan penjaminan bagi bank dengan pembobotan ATMR (Aset Tertimbang Menurut Risiko) sebesar 0%, Aset yang dijamin memiliki kualitas lancar, dan pengecualian perhitungan Batas Maksimun Pemberian Kredit (BMPK)/Batas Maksimum Penyaluran Dana (BMPD).

Sejumlah hal yang menjadi ruang lingkup kerjasama penjaminan kredit bank yang diberikan LPEI kepada PermataBank meliputi:

  1. Kredit dalam bentuk pembiayaan modal kerja, antara lain pembiayaan untuk pengadaan bahan baku dan/atau bahan penolong, pembelian bahan baku dari luar negeri, penggantian dan/atau pemeliharaan komponen dan sarana produksi; dan/atau,
  2. Kredit dalam bentuk pembiayaan investasi, antara lain pembiayaan untuk modernisasi mesin, ekspansi usaha termasuk pembangunan dan perluasan pabrik baru, pembiayaan proyek, misalnya pembangunan proyek konstruksi, infrastruktur, kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, serta industri pendukung di dalam dan di luar negeri.

Ridha Wirakusumah, selaku Direktur Utama PermataBankmengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kesempatan untuk menjadi bank pertama yang ditunjuk sebagai mitra dalam kerjasama ini."Dengan pengalaman perbankan PermataBank sebagai agen pembangunan yang efisien disertai dengan kredibilitas LPEI, kami berharap kesepakatan ini dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan devisa ekspor sekaligus sebagai bentuk nyata dalam mendukung program pemerintah Indonesia,"kata Ridha.

Sinthya Roesly, selaku Direktur Eksekutif LPEI juga mengatakan kesepakatan ini merupakan salah satu langkah pihaknya untuk memperbesar eksposur bisnis di Penjaminan dan Asuransidimana dengan penjaminan kredit bank maka LPEI mempertegas posisinya sebagai credit enchancerdengan tujuan mendorong perluasan share perbankan untuk memberikan kredit kepada sektor berorientasi ekspor.

"Kerjasama perjaminan kredit ini kedepannya diharapkan dapat meningkatkan akses eksportir pada sumber pendanaan sehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha dan pada akhirnya dapat meningkatkan ekspor nasional,"pungkasnya.

Permata Syariah Catatkan Pertumbuhan Nasabah

Wed, 22 Apr 2020 - Jumlah nasabah Permata Syariah mencapai 238 ribu per Maret 2020

PermataBank dan Erasmus Huis Gelar PPG ke-9

Fri, 06 Mar 2020 - Sebanyak 70 photografer dari berbagai komunitas telah mengikuti program Training of Trainers dan telah mengikuti seminar publik yang menjadi rangkaian program ini.

Kementerian Luar Negeri RI dan LPEI Sepakati Kerjasama

Wed, 08 Jan 2020 - Melalui kerja sama diplomasi ekonomi, ketiga lembaga itu akan membuat kajian dan penyusunan rekomendasi kebijakan mengenai potensi kerja sama perdagangan.

PermataBank Luncurkan PermataKPR iB Bijak

Mon, 23 Dec 2019 - Produk KPR Syariah yang pertama diIndonesia ini memiliki tenor hingga 25 tahun.



Non Bank

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Menkeu Jelaskan Latar Belakang Perppu Nomor 1 Tahun 2020

Sri Mulyani menjelaskan, Perppu dikeluarkan untuk bisa

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Segera Diluncurkan, Kupon SBR-009 Sebesar 6.3 Persen

Instrumen Savings Bond Ritel seri SBR009 sebagai instru

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi