Governance, Risk Management & Compliance

Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan Nasabah Amartha

Senin 4 September 2017 11:33:0

Perum Jamkrindo lakukan kerjasama dengan PT Amartha Mikro Fintek untuk penjaminan (Kafalah) pembiayaan modal kerja pengusaha mikro

JAKARTA, Stabilitas-- Perum Jamkrindo  dan  PT Amartha Mikro Fintek untuk penjaminan (Kafalah) pembiayaan modal kerja (kelompok) bagi pengusaha mikro. Kerjasama ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan untuk layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech).

Penandatangan dilakukan di Kantor Perum Jamkrindo, Kamis 31 Agustus 2017 oleh Direktur Bisnis Penjaminan Bank Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo dan Dirut PT Amartha Mikro Fintek Andi Taufan Garuda Putra disaksikan Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko I.Rusdonobanu dan Vice President PT Amartha Mikro Fintek Aria Widyanto.

Bakti mengatakan bahwa Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak dalam penjaminan untuk pertama kalinya melakukan penjaminan untuk perusahaan yang  menyediakan layanan Peer to peer (P2P) Lending. “Ini adalah kerjasama pertama kita untuk industri Finteck, semoga ini akan menguntungkan kedua belah pihak,”katanya.

Bakti  menjelaskan bahwa Perum Jamkrindo memiliki beberapa produk yang menjadi andalan yaitu selain penugasan untuk program penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga ada produk lainnya yakni penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan bank garansi/kontra garansi, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang, penjaminan kredit multiguna, surety bond,penjaminan kredit BPR/BPRS, penjaminan KPR Sejahtera FLPP, customs bond, penjaminan keagenan kargo, dan penjaminan invoice financing.

Perum Jamkrindo juga  terus berupaya meningkatkan kinerja melalui berbagai inisiatif strategis, di antaranya adalah memperluas jaringan melalui penambahan kantor cabang dan kantor unit pelayanan. Saat ini,kantor cabang yang dimiliki perusahaan sudah mencapai 56 kantor cabang dan 14 kantor unit pelayanan.

Untuk kehandalan bisnis, perusahaan juga mengimplementasi sistem IT terintegrasi dalam rangka untuk meningkatkan efektifi tas proses bisnis untuk mendukung kegiatan operasional. Inisiatif selanjutnya adalah optimalisasi jaringan operasional yaitu dengan cara menetapkan standardisasi organisasi, target bisnis, tampilan dan klasifikasi unit kerja yang akan diterapkan di seluruh kantor cabang Perum Perum Jamkrindo.

Baru-baru ini,  Perum Jamkrindo juga ikut meluncurkan layanan baru yang dimiliki perusahaan, layanan call center untuk mendapatkan infformasi produk serta untuk berkomunikasi dengan Customer Service Representatif . Untuk layanan call center, mitra dan nasabah Jamkrindo dapat menghubungi 1500701 sehingga  peran UMKM dapat semakin ditingkatkan.

Perum Jamkrindo pada tahun 2017 tetap berkomitmen melakukan penjaminan kredit/pembiayaan UMKM dengan target sebesar Rp. 146 Triliun (Konsolidasi) atau meningkat 16 persen dari capaian tahun 2016.

Di kesempatan ini, Taufan mengatakan Amartha sebagai penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan  pinjam meminjam uang berbasis teknologi Informasi. Dia berharap kerjasama ini dapat mendorong lebih banyak kemajuan pelaku usaha mikro di Indonesia.

PT Amartha Mikro Fintek telah resmi terdaftar di Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB (Industri Keuangan non Bank) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Amartha menyediakan layanan Peer to peer (P2P) Lending dan telah berdiri sejak 2010.

Kegiatan bisnis P2PL oleh perusahaan fintech saat ini dinaungi oleh regulasi POJK Nomor 77/01-2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada Desember 2016. Dengan keputusan tersebut, Amartha berharap dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berinvestasi.

Sampai dg 2016 Amartha telah berhasil menjembatani lebih dari 34.000 pelaku usaha mikro di pelosok Indonesia kepada lebih dari 10.000 investor terdaftar, dengan total dana yang didistribusikan hingga 100 Miliar Rupiah.

Untuk memperkuat pengembangan bisnis P2PL yg dikembangkan Amartha pada pelaku ekonomi mikro dan untuk meningkatkan kepercayaan investor, hari kamis 31 Agustus 2017 PT Amartha Mikro Fintek melakukan kerjasama dengan Perum Jamkrindo BUMN Penjaminan Pembiayaan UMKMK yang juga merupakan Perusahaan Penjaminan Pertama yang telah mengantongi ijin dari OJK utk melakukan kegiatan usaha Penjaminan P2PL.

Perum Jamkrindo Bagikan Daging Qurban Untuk Warga Sekitar

Fri, 24 Aug 2018 - Sebelum dipotong, hewan qurban secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto kepada panitia qurban Ahmad Kahfi. Disaksikan juga oeh jajaran direksi yang hadir dalam acara ini yakni, Direksi Perum Jamkrindo serta Direksi PT. Ja

Jamkrindo dan LPDB KUMKM Kerjasama Pembiayaan Syariah ke Koperasi dan UMKM

Mon, 22 Jan 2018 - Perum Jamkrindo terus mendukung kegiatan penjaminan bagi perkembangan bisnis UMKM dan Koperasi dengan memberikan pelayanan yang luas dan berkualitas untuk mendukung perkembangan perekonomian nasional.

BUMN Mengajar, Dirut Jamkrindo Jadi Guru SDN Parhitean

Thu, 21 Dec 2017 - Untuk kegiatan program kemitraaan dan Bina Lingkungan (PKBL) Perum Jamkrindo memberikan dua bantuan Taman Bacaan Siswa di SDN Siborongborong dan SDN Parapat senilai Rp 100.000.000.

Randi Anto Jadi Dirut Jamkrindo

Tue, 21 Nov 2017 - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan untuk mengangkat Randi Anto sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo).

Perum Jamkindo Berikan Pendampingan Unit Usaha  Pondok Pesantren

Thu, 24 Aug 2017 - Pelatihan diselenggarakan di Ponpes Al Mizan, Pandeglang dengan peserta 25 Pondok Pesantren yang tersebar dr provinsi Banten yang tergabung dibawah Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Propinsi Banten pada Kamis, 24 Agustus 2017.



Non Bank

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

OJK Temukan 182 Fintech dan 10 Entitas Penawaran Investasi Tanpa Izin

Jumlah peer to peer lendingtidak berijin yang ditemukan

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Melemah 22,9 Persen

Kendati demikian, secara total pendapatan industri asur

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi