Governance, Risk Management & Compliance

Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan Nasabah Amartha

Senin 4 September 2017 11:33:0

Perum Jamkrindo lakukan kerjasama dengan PT Amartha Mikro Fintek untuk penjaminan (Kafalah) pembiayaan modal kerja pengusaha mikro

JAKARTA, Stabilitas-- Perum Jamkrindo  dan  PT Amartha Mikro Fintek untuk penjaminan (Kafalah) pembiayaan modal kerja (kelompok) bagi pengusaha mikro. Kerjasama ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan untuk layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech).

Penandatangan dilakukan di Kantor Perum Jamkrindo, Kamis 31 Agustus 2017 oleh Direktur Bisnis Penjaminan Bank Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo dan Dirut PT Amartha Mikro Fintek Andi Taufan Garuda Putra disaksikan Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko I.Rusdonobanu dan Vice President PT Amartha Mikro Fintek Aria Widyanto.

Bakti mengatakan bahwa Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak dalam penjaminan untuk pertama kalinya melakukan penjaminan untuk perusahaan yang  menyediakan layanan Peer to peer (P2P) Lending. “Ini adalah kerjasama pertama kita untuk industri Finteck, semoga ini akan menguntungkan kedua belah pihak,”katanya.

Bakti  menjelaskan bahwa Perum Jamkrindo memiliki beberapa produk yang menjadi andalan yaitu selain penugasan untuk program penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga ada produk lainnya yakni penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan bank garansi/kontra garansi, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang, penjaminan kredit multiguna, surety bond,penjaminan kredit BPR/BPRS, penjaminan KPR Sejahtera FLPP, customs bond, penjaminan keagenan kargo, dan penjaminan invoice financing.

Perum Jamkrindo juga  terus berupaya meningkatkan kinerja melalui berbagai inisiatif strategis, di antaranya adalah memperluas jaringan melalui penambahan kantor cabang dan kantor unit pelayanan. Saat ini,kantor cabang yang dimiliki perusahaan sudah mencapai 56 kantor cabang dan 14 kantor unit pelayanan.

Untuk kehandalan bisnis, perusahaan juga mengimplementasi sistem IT terintegrasi dalam rangka untuk meningkatkan efektifi tas proses bisnis untuk mendukung kegiatan operasional. Inisiatif selanjutnya adalah optimalisasi jaringan operasional yaitu dengan cara menetapkan standardisasi organisasi, target bisnis, tampilan dan klasifikasi unit kerja yang akan diterapkan di seluruh kantor cabang Perum Perum Jamkrindo.

Baru-baru ini,  Perum Jamkrindo juga ikut meluncurkan layanan baru yang dimiliki perusahaan, layanan call center untuk mendapatkan infformasi produk serta untuk berkomunikasi dengan Customer Service Representatif . Untuk layanan call center, mitra dan nasabah Jamkrindo dapat menghubungi 1500701 sehingga  peran UMKM dapat semakin ditingkatkan.

Perum Jamkrindo pada tahun 2017 tetap berkomitmen melakukan penjaminan kredit/pembiayaan UMKM dengan target sebesar Rp. 146 Triliun (Konsolidasi) atau meningkat 16 persen dari capaian tahun 2016.

Di kesempatan ini, Taufan mengatakan Amartha sebagai penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan  pinjam meminjam uang berbasis teknologi Informasi. Dia berharap kerjasama ini dapat mendorong lebih banyak kemajuan pelaku usaha mikro di Indonesia.

PT Amartha Mikro Fintek telah resmi terdaftar di Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB (Industri Keuangan non Bank) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Amartha menyediakan layanan Peer to peer (P2P) Lending dan telah berdiri sejak 2010.

Kegiatan bisnis P2PL oleh perusahaan fintech saat ini dinaungi oleh regulasi POJK Nomor 77/01-2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada Desember 2016. Dengan keputusan tersebut, Amartha berharap dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berinvestasi.

Sampai dg 2016 Amartha telah berhasil menjembatani lebih dari 34.000 pelaku usaha mikro di pelosok Indonesia kepada lebih dari 10.000 investor terdaftar, dengan total dana yang didistribusikan hingga 100 Miliar Rupiah.

Untuk memperkuat pengembangan bisnis P2PL yg dikembangkan Amartha pada pelaku ekonomi mikro dan untuk meningkatkan kepercayaan investor, hari kamis 31 Agustus 2017 PT Amartha Mikro Fintek melakukan kerjasama dengan Perum Jamkrindo BUMN Penjaminan Pembiayaan UMKMK yang juga merupakan Perusahaan Penjaminan Pertama yang telah mengantongi ijin dari OJK utk melakukan kegiatan usaha Penjaminan P2PL.

Randi Anto Jadi Dirut Jamkrindo

Tue, 21 Nov 2017 - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan untuk mengangkat Randi Anto sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo).

Perum Jamkindo Berikan Pendampingan Unit Usaha  Pondok Pesantren

Thu, 24 Aug 2017 - Pelatihan diselenggarakan di Ponpes Al Mizan, Pandeglang dengan peserta 25 Pondok Pesantren yang tersebar dr provinsi Banten yang tergabung dibawah Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Propinsi Banten pada Kamis, 24 Agustus 2017.

Jamkrindo Tutup Program Siswa Mengenal Nusantara di Babel

Wed, 26 Jul 2017 - Perum Jamkrindo bersama dengan PT Sucofindo menjadi pelaksana program SMN untuk 20 Siswa asal Bandung Jawa Barat yang mengikuti program SMN di Bangka Belitung.

Aset Jamkrindo Syariah Tumbuh 135 Persen

Fri, 07 Jul 2017 - Aset JamSyar tumbuh 123 persen bila dibandingkan dengan tahun 2015 ke 2016. Sementara pada tahun 2017 berjalan, secara year to year

Zakat untuk UKM Dikembangkan

Thu, 06 Jul 2017 - Zakat yang ditunaikan Jamkrindo Syariah menambah daftar perusahaan yang telah menunaikan zakat melalui Baznas. Inijuga menjadi bukti tumbuhnya perusahaan syariah di Indonesia, menyusul gaya hidup syariah masyarakat Indonesia kini



Non Bank

Layanan Internet Bisa Dinikmati di Seluruh RI

APJII menjalin kerjasama dengan operator yang memungkin

Perum Jamkindo Berikan Pendampingan Unit Usaha  Pondok Pesantren

Pelatihan diselenggarakan di Ponpes Al Mizan, Pandeglan

CIMB Niaga Persembahkan Film ‘Banda The Dark Forgotten Trail’

Film ini menuturkan ulang kisah sejarah Kepulauan Banda

Aset Jamkrindo Syariah Tumbuh 135 Persen

Aset JamSyar tumbuh 123 persen bila dibandingkan dengan

Portofolio

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Siap Go Private, Saham LAMI Dibuyback Pendirinya

BEI telah mengkonfirmasi bahwa sedikitnya dua emiten te

CIMB dan China Galaxy Jajaki Kerjasama Stockbroking

Dalam usaha patungan tersebut, kedua perusahaan yang te

AAEI Ajak Masyarakat Berinvestasi Saham

AAEI mengajak masyarakat agar tak ragu lagi untuk berin

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi