Governance, Risk Management & Compliance

Prospek Penjualan Sukuk Global 2017

Jumat 6 Januari 2017 16:41:0

RHB Investment Bank Bhd, peringkat keempat pada tahun 2016, memprediksi penjualan akan sama dengan tahun lalu, ketika mereka naik 24% menjadi US $ 44.1bil.

Jakarta, Stabilitas--Penjualan di seluruh dunia dari obligasi syariah akan turun pada tahun 2017 setelah rebound dari level terendah lima tahun, menurut regulator setempat suku bunga AS yang lebih tinggi dan prospek pertumbuhan yang lemah menjadi tantangan utama.

Menurut CIMB Islamic Bank Bhd, yang menduduki puncak klasemen liga sukuk Bloomberg di delapan dari 10 tahun terakhir, Penerbitan akan jatuh ke antara US $ 35bil dan US $ 40bil, dengan curah yang digunakan untuk membiayai kembali proyek-proyek utang dan infrastruktur dana.


RHB Investment Bank Bhd, peringkat keempat pada tahun 2016, memprediksi penjualan akan sama dengan tahun lalu, ketika mereka naik 24% menjadi US $ 44.1bil.

"Penjualan Sukukdi tahun 2017 akan flat. Kenaikan suku bunga AS dan inflasi yang lebih tinggi dengan latar belakang menantang kondisi ekonomi global mendorong lintasan pertumbuhan yang tidak pasti untuk penjualan," kata Kepala pasar keuangan di RHB Investment, Angus Salim Amran.

Prospek sukuk global telah redup di tengah prospek pertumbuhan yang lemah di Malaysia dan Timur Tengah, dua pemain utama bersama-sama mencapai lebih dari duapertiga dari sukuk US $ 328bil luar biasa di seluruh dunia. Pada saat yang sama, biaya pinjaman meningkat karena Federal Reserve menaikkan suku bunga pada bulan Desember dan mengisyaratkan pengetatan yang lebih untuk tahun ini.

Yield Sukuk JPMorgan MECI sekarang telah naik 27 basis poin menjadi 4,19% sejak mencapai rekor rendah pada bulan Agustus. 10-tahun yield sukuk pemerintah Malaysia telah melonjak 82 basis poin menjadi 4,38% setelah menyentuh level terendah tiga tahun pada bulan September.

Fed fokus pada dampak dari stimulus potensi fiskal dalam kebijakannya di bulan Desember, dengan pertimbangan bahwa bank sentral mungkin akhirnya akan dipaksa untuk mempercepat laju kenaikan tarif untuk mencegah inflasi yang lebih tinggi.

"Volatilitas pasar, kebijakan suku Fed dan rencana belanja modal / ekspansi ditangguhkandi antara faktor-faktor yang akan membebani penjualan,”kata wakil CEO CIMB Syariah, Mohamad Safri Shahul Hamid,


“CIMB mengharapkan penerbitan dari yurisdiksi baru,tapi pasar sangat ketergantungan pada Malaysia dan Timur Tengah yang akan bertahan dalam waktu dekat," katanya.

Safri mengatakan mata uang lokal pasar obligasi Islam Malaysia akan tetap stabil. Dia mengharapkan penjualan sukuk untuk menebus 70% sampai 75% dari jumlah emisi pinjaman utama diperkirakan hingga RM100bil (US $ 22bil) pada tahun 2017.

Islamic Debt Industry telah melihat minat dari pasar baru berkurang setelah Hong Kong, Luksemburg dan Inggris menjual obligasi debut mereka pada tahun 2014. Maroko mengumumkan rencana untuk penjualan pertama obligasi syariah pada bulan November 2015 setelah melewati sebuah regulasi sukuk.

Pihak berwenang di Kenya, yang pada Januari tahun lalu menyatakan niat mereka untuk menjual sukuk untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur, mereka mengatakan bahwa mungkin sulit untuk mengeluarkan pada tahun 2017.

"Penjualan global pada tahun 2017 kemungkinan akan miripdengan tahun lalu, didorong oleh belanja infrastruktur,”ujarKepala pasar Islam di AmInvestment Bank Bhd, Mohd Effendi Abdullah.

Green Sukuk, Instrumen Investasi Untuk Membangun Lingkungan Hidup

Tue, 09 Oct 2018 - Green Sukuk merupakan cara baik untuk berinvestasi pada proyek-proyek yang berkaitan dengan program lingkungan hidup. Tetapi, hambatan yang mungkin dihadapi adalah rendahnya bagi hasil (yield) yang ditawarkan oleh instrumen ini.

Pemerintah Lelang Surat Berharga Syariah Negara

Fri, 31 Mar 2017 - Seri SBSN yang akan dilelang adalah seri Surat Perbendaharaan Negara-Syariah (SPN-S) dan Project Based Sukuk (PBS)

Pemerintah Terbitkan Sukuk Global Senilai US$ 3 Miliar

Fri, 31 Mar 2017 - Sukuk Global ini diterbitkan pada harga par dengan imbalan sebesar 3,40% untuk tenor 5 tahun dan 4,15% untuk tenor 10 tahun

Terbitkan Sukuk, BRI Syariah Tawarkan Imbal Hasil Hingga 10,25 Persen

Wed, 12 Oct 2016 - BRI Syariah menerbitkan Sukuk Mudharabah Subordinasi I sebesar Rp1 triliun dengan jangka waktu tujuh tahun dan imbal hasil di kisaran 9,5 persen sampai 10,25 persen per tahun.

OJK Dorong Pembiayaan Infrastruktur Melalui Sukuk

Thu, 03 Mar 2016 - Negara Inggris sebagai negara non-muslim pertama yang menerbitkan sukuk negara sebesar £200 juta di tahun 2014.


Non Bank

OJK: Kemajuan Teknologi Finansial Perlu didukung SDM yang Handal.

Berdasarkan data World Bank, dari jumlah 157 negara, In

Presiden Jokowi: Pengembangan Ekonomi Digital Butuh Kebijakan yang Akomodatif

Pengaturan yang akomodatif menjadi semakin penting, aga

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

Portofolio

OJK Dorong Pertumbuhan Industri di Daerah Melalui Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong perusahaan

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi