Governance, Risk Management & Compliance

Salurkan 200M ke UMKM, Mandiri Gandeng BukaLapak

Senin 28 Januari 2019 18:11:0

Bank Mandiri menggandeng PT BukaLapak.com dalam kerja sama menyalurkan kredit bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tahun 2018, Mandiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp 78,23 triliun kepada pelaku UMKM di Indonesia.

JAKARTA, Stabilitas-- Dalam rangka menyalurkan kredit kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank Mandiri menjalin kerja sama dengan PT BukaLapak.com guna menyaluran kredit modal kerja kepada ribuan UMKM yang menjadi mitra BukaLapak.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang dan Co-Founder & President PT Bukalapak.com M Fajrin Rasyid di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Dalam kerjasama ini, Bukalapak akan mereferensikan mitra UMKM potensial untuk mengikuti proses seleksi berdasarkan kriteria nasabah debitur Bank Mandiri. Berdasarkan proses seleksi tersebut, Bank Mandiri kemudian menentukan besaran plafon kredit yang disetujui, dimana plafon maksimal yang bisa diakses untuk setiap mitra UMKM adalah Rp 200 Juta.

Menurut Donsuwan, skema kerjasama ini sangat strategis karena dapat membantu bank menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan serta meningkatkan nilai tambah yang bisa diberikan Bukalapak kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra.

"Di samping itu, skema kerjasama ini juga dapat mempercepat proses persetujuan kredit sehingga mitra Bukalapak dapat memanfaatkan momentum yang ada dalam mengembangkan usaha," kata Donsuwan.

Dengan kerjasama ini, Donsuwan menambahkan, pihaknya memastikan dapat menjangkau rentang nasabah UMKM yang lebih luas melalui platform daring, sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan pelaku UMKM online terhadap akses pemodalan perbankan.

"Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Bukalapak untuk memperkuat penetrasi pembiayaan ke kelompok-kelompok usaha yang berbasis online dengan melihat pertumbuhan transaksi perdagangan secara online yang tumbuh sangat pesat," kata Donsuwan.

Hingga Desember 2018, bank plat merah ini telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp 78.23 triliun kepada pelaku UMKM di Tanah Air serta telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada UMKM sebesar Rp 17,5 triliun. Sepanjang 2019 ini, Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan KUR sebesar Rp 25 triliun.

Sementara itu Fajrin Rasyid menyatakan pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri serta mengharapkan melalui kerja sama ini dapat terbentuk kerja sama lainnya.

"Saat ini ada lebih dari 4 juta pelapak tergabung di Bukalapak. Kami harap kolaborasi ini dapat semakin menaikkelaskan seluruh pelaku usaha melalui tambahan modal untukpengembangan bisnis mereka," kata Fajrin Rasyid.

Fajrin Rasyid menambahkan bahwa, pihaknya berharap kerjasama dengan Bank Mandiri ini juga dapat meningkatkan skala usaha mitra UMKM baik dari sisi frekuensi maupun volume transaksi

AXA Sediakan Perlindungan Hingga Rp75 Miliar Bagi Penyandang Disabilitas

Mon, 22 Jul 2019 - Bantuan perlindungan tersebut diberikan melalui empat balai di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Semester I Laba Bank Mandiri Tembus Rp 13,5 Triliun

Wed, 17 Jul 2019 - Laba bersih Bank Mandiri pada semester satu 2019 naik 11,1 persen ditopang oleh penyaluran kredit, NPL yang membaik, serta naiknya pendapatan bunga.

Kemendag Dukung Peningkatan Produk Ramah Lingkungan

Thu, 11 Jul 2019 - Menurut Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, kekuatan ekonomi sebuah negara bersumber pada potensi kekuatan daerah, sehingga pemerintah daerah berperan penting dalam memanfaatkan sumber daya alam menjadi nilai ekonomi yang menguntungkan.

Program Kemitraan Perum Jamkrindo Libatkan 2.333 UMKM

Fri, 05 Jul 2019 - Perum Jamkrindo mengembangkan aplikasi pemeringkatan UMKM bernama J-Score dan UMKM juga bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi UMKM Layak

OJK Cabut Izin BPR Efita Dana Sejahtera Depok

Thu, 04 Jul 2019 - OJK mengimbau nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat Efita Dana Sejahtera agar tetap tenang karena dana masyarakat di perbankan termasuk BPR dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku.

Credit Scoring Bisa Tekan Risiko Kredit

Tue, 18 Jun 2019 - Menurut Abimnayu, pemberlakuan credit scoring dapat menekan risiko kredit serta selalu mengedepankan aspek Governance, Risk Management, and Compliance (GRC).



Non Bank

Ekonom DBS Perkirakan BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Ada beberapa faktor yang mendukung BI turunkan bunga ac

Sequis Hadirkan Produk untuk Milenial

M!Protection adalah produk asuransi yang diperuntukkan

Resmi Diluncurkan, LinkAja Kenalkan Jajaran Manajemen dan Pencapaian

Meski baru resmi diluncurkan, LinkAja tercatat telah be

Tanamduit Targetkan Dana Kelolaan Rp 1 Triliun

Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) T

Portofolio

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi