Governance, Risk Management & Compliance

Selembar “Surga” di Kota Beijing

Selasa 17 Januari 2012 17:16:30

China kini menjadi salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat mengagumkan. Kondisi itu tentu meningkatkan minat masyarakat dunia untuk mengunjungi negara ini. Bagi Anda yang berencana mengunjungi negeri dengan se

China kini menjadi salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat mengagumkan. Kondisi itu tentu meningkatkan minat masyarakat dunia untuk mengunjungi negara ini. Bagi Anda yang berencana mengunjungi negeri dengan sejarah panjang ini, kami akan sedikit berbagi pengalaman yang bisa jadi acuan atau minimal panduan bagi Anda.

Mengunjugi China tentu tak elok jika tak singgah di Beijing. Ibu kota negara berpenduduk lebih dari 1 miliar ini, kini tak ubahnya kota maju dengan bangunan-bangunan pencakar langit. Selain itu berkeliling Beijing, tentu memiliki kenikmatan tersendiri karena kota ini mempunyai penataan yang rapi. Daerah pusat kota adalah pusat pemerintahan, termasuk Forbidden City dan Lapangan Tiananmen. Ke arah timur adalah daerah Central Business District. Ke arah barat adalah financial area, tempat semua bank milik pemerintah China bermarkas. Lay out kota pun didukung oleh sarana transportasi yang sangat memadai.

Setiap city sign dilengkapi bahasa Inggris. Petugas di sejumlah fasilitas umum hingga penjaga toko pun banyak yang mengerti bahasa Inggris. Jadi sekarang tidak perlu takut untuk merencanakan plesir ke China, terutama ke Beijing.

Great Wall

Apa Sebenarnya lokasi wisata apa yang menjadi nomor satu di Beijing? Pasti jawabannya adalah Great Wall! Spot yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah yang paling dekat dengan Beijing, yakni Great Wall Badalinga, sekitar 70 km ke arah barat laut. Tempat ini bisa penuh sesak pada saat musim panas karena merupakan Peak season. Seandainya ingin mengunjungi spot Great Wall yang tidak terlalu ramai, lokasi yang paling nyaman adalah Great Wall Simatai sekitar 130 km timur laut Beijing.

Pada 2009, satu tinjauan arkeologi melaporkan panjang keseluruhan tembok, dengan segala cabangnya, menjangkau 8.851,8 km dari Teluk Bohai di timur Beijing sampai Jiayuguan Pass di Propinsi Gansu, China bagian tengah. Melebihi bentang panjang wilayah Indonesia dari Samudra Hindia hingga Samudra Pasifik, yakni 6363,2 km.

Forbidden City

Ada satu kawasan yang statis di Beijing, yaitu kawasan Forbidden City (Kota Terlarang). Wilayah yang berdiri bangunan yang menandakan kebesaran China ini masih kokoh berdiri di pusat kota. Forbidden City, atau Gugong Bowuguan dalam bahasa China, merupakan jantung kota Beijing. Kompleks kota tua ini dibangun awal 1400-an oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming. Simbol kebesaran budaya di negeri Tirai Bambu.

Sejak zaman Dinasti Mid-Ming tahun 1422 memang sudah dijadikan pusat pemerintahan dan pusat tata kota tempo dulu. Lebih dari 500 tahun, 24 Emperor dan keluarganya tinggal di sini termasuk The Last Emperor Pu Yi yang dikudeta pada tahun 1924 setelah 12 tahun berada dalam tahanan rumah. Untuk masuk ke dalam Forbidden City kita akan melewati 5 gerbang. Tidak cukup satu hari untuk melihat semua bagian di tempat ini.

Lapangan Tiananmen

Lapangan seluas 440.000 m2 ini terletak di selatan Forbidden City, tepat di seberang jalan. Dipercaya dapat memuat sekitar satu juta orang di dalamnya dan masuk buku rekor dunia sebagai world biggest public square.

Di sebelah selatan lapangan ini, terletak museum Ketua Mao. Di dalam bangunan ini, jenazah Ketua Mao Zedong yang diawetkan di dalam kotak kaca ditempatkan. Beberapa peristiwa penting bersejarah yang terjadi di lapangan ini di antaranya, Gerakan 4 Mei 1919, Proklamasi berdirinya Republik Rakyat China, Gerakan 5 April 1976 yang kemudian dikenal sebagai Insiden Tiananmen 1976 dan Demonstrasi Tiananmen 1989 yang kemudian berakhir dengan peristiwa berdarah Insiden Tiananmen 1989 yang menewaskan 3000 mahasiswa.

Temple of Heaven

Berlokasi sekitar 2 km selatan dari Lapangan Tiananmen, kuil ini berada dalam sebuah taman seluas 267 ha. Pada saat dibangun dulu, namanya adalah “Temple of Heaven & Earth”. Digunakan untuk memberikan pengorbanan untuk surga (heaven) pada musim dingin dan untuk bumi (earth) pada musim panas. Tempat ini diyakini sebagai lokasi pertemuan surga dan bumi. Orang-orang dulu mempercayai bahwa surga berbentuk bundar dan bumi berbentuk kotak. Inilah mengapa bagian utara taman ini berbentuk setengah bundar dan bagian selatan berbentuk kotak.

Summer Palace

Tempat ini dikenal sebagai “The Mother of Imperial Retreats & China Largest and Best-Preserved Royal Garden”. Terletak sekitar 15 km barat laut Beijing. Ini adalah istana tempat kaisar dan keluarganya berlibur di musim panas. Area seluas 290 ha ini, dua pertiganya adalah danau.

Kompleks plesir ini diperkirakan berumur 800 tahun, yaitu sejak jaman Dinasti Jin. Pada 1750, Emperor Qian Long dari Dinasti Qing merenovasi tempat ini selama 15 tahun. Dia memberi nama istana ini “Garden of Clear Ripples”, dipersembahkan untuk ibunya sebagai hadiah ulang tahun. Area Summer Palace dipercaya sebagai jiwa dari taman-taman di utara dan selatan China.

Beijing Zoo

Andalan dari kebun binatang Beijing adalah Panda. Panda dianggap sebagai National Treasure bagi rakyat setempat. Pusat pemeliharaan Panda sebenarnya ada di Cheng Du (bagian tengah China) yang terkenal dengan Giant Panda. Di Beijing Zoo sendiri terdapat satu aquarium yang terkenal sebagai yang terbesar di dunia.

Wisata belanja

Bagi yang suka belanja ataupun window shopping bisa datang ke Wang Fujing, sekitar 1 km timur Forbidden City. Seandainya mau mencari barang-barang yang original, di sanalah tempatnya. Selain itu, ada juga Silk Market. Yang ini adalah Mangga Dua-nya Beijing. Sebaiknya membawa kalkulator sebagai alat komunikasi untuk tawar-menawar harga.

Ada banyak pilihan tujuan wisata di Beijing selain yang disebut di atas. Ada Lama Temple, Confucius Temple, White Cloud Temple, Ming Tomb, Lufthansa Area dan yang lainnya. Ada juga pertunjukan Opera Beijing, Acrobatics dan Wu Shu.

Nah, kini giliran Anda untuk terbang ke sana. SP



Non Bank

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

OJK Temukan 182 Fintech dan 10 Entitas Penawaran Investasi Tanpa Izin

Jumlah peer to peer lendingtidak berijin yang ditemukan

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Melemah 22,9 Persen

Kendati demikian, secara total pendapatan industri asur

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi