Governance, Risk Management & Compliance

Sensasi Mobil Konsep di Tahun Naga

Senin 16 Januari 2012 21:14:44

Pada tahun ini, pecinta otomotif akan dipuaskan dengan keluarnya sederet mobil premium dari beberapa pabrikan. Ada banyak pertimbangan terkait konsep saat pabrikan akan meluncurkan varian mobilnya mulai dari konsep mesin, aerodinamika, handling, e

Pada tahun ini, pecinta otomotif akan dipuaskan dengan keluarnya sederet mobil premium dari beberapa pabrikan. Ada banyak pertimbangan terkait konsep saat pabrikan akan meluncurkan varian mobilnya mulai dari konsep mesin, aerodinamika, handling, estetika, kenyamanan maupun kemananan dan harga. Dan inilah deretan mobil konsep terbaik yang diperkirakan hadir sepanjang 2012.

Cadillac Ciel

Cadillac adalah salah satu merek mobil AS yang banyak menghadirkan mobil premium. Nah, merek ini sedang berusaha comeback setelah popularitasnya menurun drastis dalam 10 tahun terakhir. Untuk menandai upaya kembalinya Cadillac ke puncak jajaran mobil-mobil ternama seperti dulu, pabrikan membuat mobil konsep bernama Ciel, yang artinya langit dalam bahasa Perancis.

Mobil yang eksteriornya mengingatkan kita pada kendaraan-kendaraan di era 1940 sampai 1950 ini mempunyai fisik yang besar, mesin yang powerful, dan interior yang mewah. Meski terkesan mobil ini adalah mobil yang boros energi, kenyataannya ternyata tidak seperti itu. Mesin Ciel yang berkonfigurasi V6 juga dilengkapi teknologi hybrid yang memungkinkan mobil ini untuk bergerak menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan oleh mesinnya sendiri.

Mazda Alfa Romeo 4c

Mobil sedan ini tertutup bodi hypnotic warna merah dan pembuatnya menyebut mobil ini adalah esensi dari sebuah mobil sport sesungguhnya. Mobil akan dipasarkan pada 2013 di Amerika Serikat. Itupun tergantung pemasaran produk Alfa di Negeri Paman Sam.

Bodi mobil terbuat dari fiberkarbon dan terintegrasi dengan struktur mobil. Bodi kendaraan tampak langsing. Beratnya tak sampai 1.870 pound, tampak seperti mobil buatan Italia Lotus Exige. Mesin 1.7-liter, injeksi langsung turbo empat silinder. Tenaga: 200-250 hp. Akselerasi di bawah lima detik 0-60 mph. Kendali tenaga melalui dual-clutch gearbox, dan dilengkapi sistem pengaturan sasis meliputi dynamic, normal, dan mode segala cuaca. Harga sekitar 40 ribu euro atau 55 ribu dollar AS.

 

 

 

Ford Evos

Mobil Ford Evos ini memunculkan kembali konsep sedan yakni penampilannya yang sporty. Ford menyebut Evos menggunakan desain global yang tengah berjaya; tidak hanya anglophilic, tetapi juga bergaya fastback. Evos mirip dengan Hyundai Sonata, dan Kia Optima.   Kendaraan ini kemungkinan dilengkapi empat pintu bergaya kupu-kupu. Namun Ford belum menjelaskan detail mesinnya. Walaupun Ford Fusion 2013 akan menggunakan desain baru yang kemungkinan bisa dibeli Januari nanti pada Detroit Auto Show 2012.

 

 

 

KIA GT

KIA menampilkan konsep mobilnya dengan gaya sport lewat “four-door coupe”. Dan KIA GT ini tampak lebih bergaya seperti Porsche Panamera dan Audi A7. Wheelbase GT 112,6 inci, terpaut tiga inci dibandingkan sedan Hyundai Genesis dan 1,6 inci lebih lebar dari Genesis Coupe. GT menggunakan mesin turbocharged dari mesin direct-injected 3,3-liter V-6. Aplikasi ini setara dengan model new eight-speed otomatis pada Genesis dan Equus, dan mengantarkan tenaga 390 hp dan torsi roda 394 lb-ft. Mesin ini masuk akal sebagai pengganti mesin 4,6-liter V-8. Produsen asal Korea ini belum mengeluarkan kisaran harganya.

 

Bertone Jaguar B99

Bertone dan Jaguar bergabung untuk menandingi Audi A4, Mercedes C-Class dan BMW 3-Series. Hasilnya adalah Bertone Jaguar B99. Bertone generasi ketiga sekaligus menjadi perayaan kehadirannya selama 99 tahun. Berukuran panjang 4,5 meter, lebar 1,95 meter dan tinggi 1,35 meter, B99 tergolong dalam kategori luxury car.   Dari luar tanda-tanda Jaguar sudah terlihat dari ikon ‘leopard’ yang menghiasinya. Daya gerak B99 dari 1,4-liter gas mesin dengan 168 hp plus dua 150 kW penggerak- masing-masing 201 hp- menghasilkan daya 570 hp dengan emisi 30g/km. Bertone tak menyebutkan harga pastinya. Namun kemungkinan mobil itu dibanderol antara 70 ribu-80 ribu dollar AS.

Scion FR-S

Kendaraan ini bisa dikatakan Subelica atau Celibaru, versi baru Toyota rear-drive 2+2 sports coupe yang dibangun bersama Subaru dan dinamai FT-86 atau Scion versi Amerika. Berukuran panjang 168,2 inci dan wheelbase 101,2 inci, FR-S memiliki ukuran satu-dua inci lebih pendek dibadingkan generasi Celica. Mesin 2,0-liter menghasilkan tenaga yang diperkirakan sekitar 200 hp. Scion FR-S harganya diperkirakan kurang dari 30 ribu dollar AS. Harga dan desain akan bersaing dengan Hyundai Genesis coupe (23.100 dollar AS) dan kompetitor domestik Ford Mustang bertenaga V-6 (22.995 dollar AS).

 

Volkswagen Bulli

VW Bulli – yang di kalangan pecintanya disebut Microbus Bulli – adalah satu di antara sedikit legenda VW. Mobil yang mulai diproduksi 1950 itu adalah mobil idola kalangan hippie dan para pelancong pada zamannya. Selain karena bentuknya unik, kabin jembar, juga nyaman untuk perjalanan jauh.

Mobil ini memiliki panjang dengan 3,99 m, lebar 1,75 m dan tinggi 1,70 m dengan dorongan mesin bertenaga listrik. VW membekalinya dengan motor listrik bertenaga 115 daya kuda dan torsi 270 Newton meter. Bila baterai terisi penuh dalam sekali pengisian, Bulli mampu menempuh jarak 300 kilometer tanpa henti. Mobil ini juga mampu melesat hingga 115 kilometer per jam. Sedangkan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai dalam waktu 11,5 detik. SP

 



Non Bank

"tanamduit", Digital Platform Beli Reksa Dana

Di tengah munculnya berbagai digital platform yang memb

Perkoperasian Diharapkan Jadi Materi Kuliah Magister Kenotariatan PTN

“Sekurang-kurangnya peningkatan kualitas koperasi dim

Asuransi Cakrawala Proteksi Resmikan Cabang Medan

Pada kuartal III / 2017 ACP mencatat pencapaian premi s

Kolaborasi Tekfin Indonesia dan Australia

Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 1 Desember

Portofolio

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi