Governance, Risk Management & Compliance

Sinergi 6 BUMN Bangun Balkondes Golaga Purbalingga

Rabu 2 Oktober 2019 9:50:0

Balkondes merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay.

PURBALINGGA, Stabilitas-- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno menyaksikan ground breaking atau peletakan batu pertama Program Pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang digagas PT Angkasa Pura I (Persero), PT PGN Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT BRI (Persero) Tbk, PT KAI (Persero) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company di destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019).

Pembangunan Balkondes ini dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang mendukung kemajuan pariwisata Purbalingga.

"Saya menyambut baik sinergi ini, ada enam BUMN yang bersinergi untuk bangun Balkondes. Harapannya Balkondes bisa terbangun di Mei 2020 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Purbalingga supaya wisatawan bisa datang ke sini. Pesan saya masyarakat, kita sama sama menjaga Balkondes ini,"ungkap Menteri Rini di Desa Siwarak Golaga.

Balkondes merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan dengan adanya pertunjukkan budaya baru pada tiap desa, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa serta menciptakan lapangan kerja bagi penduduk desa.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pembangunan Balkondes ini merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura I untuk memperkuat sarana penunjang pariwisata berupa penginapan (homestay) yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional di Golaga.

Kehadiran homestay ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Golaga sehingga membantu mempercepat roda perekonomian Golaga.

"Golaga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga," kata Fahmi.

Untuk memberikan keunikan pada design dan memanfaatkan lokasi yang tersedia konsep arsitektur homestay_menggunakan bentuk _treehouse yang mencitrakan identitas dari Purbalingga. Design homestay diambil dari analogi bentuk buah nanas yang merupakan komoditas utama Kabupaten Purbalingga dengan makanan khasnya yang terkenal yakni nanas goreng.

Balkondes Golaga ini nantinya akan memiliki sebanyak 6 unit nanas homestay, 1 unit family homestay dan public building seperti cafe & workshop, skybridge, pedestrian access, amphitheater dan parkir area untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Lawa.

"Besar harapan kami hadirnya Balkondes ini juga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk sama-sama memajukan destinasi wisata Golaga dan menjadi tempat untuk mengekspose produk-produk unggulan khusunya dari Kabupaten Purbalingga," jelasnya.

BNI Syariah Gandeng UIN Mataram Dalam Layanan Virtual Account

Fri, 03 Jul 2020 - Potensi kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini cukup besar salah satunya terkait dengan potensi pembayaran SPP/UKT Mahasiswa baik sarjana maupun pasca sarjana sebesar Rp 35 miliar.

HUT ke-50, Jamkrindo Berkomitmen Tingkatkan Dukungan Bagi Pelaku UMKM

Wed, 01 Jul 2020 - Pada tahun 2020 ini Jamkrindo juga berhasil menapaki tonggak sejarah baru. Perum Jamkrindo bertransformasi sebanyak dua kali, dari Perum Jamkrindo ke PT Jamkrindo (Persero), hingga kini menjadi PT Jamkrindo.

PIP Salurkan 400 Miliar Melalui Pegadaian

Fri, 26 Jun 2020 - Pemberian pembiayaan tersebut ditandai dengan penandatangaan akad pembiayaan berlangsung di kantor PIP.

LPEI dan Bank Mandiri Sepakati Kerjasama Penjaminan Kredit

Fri, 26 Jun 2020 - Kerjasama LPEI dan Bank Mandiri bertujuan untuk mendorong pembiayaan untuk industri yang berorientasi ekspor.

LMAN Percepat Penanaan Lahan Proyek Strategis Nasional

Fri, 26 Jun 2020 - Selama pandemi virus corona atau Covid-19, LMAN tetap menjalankan pendanaan pengadaan lahan

BNI Syariah Ajak Nasabah Bijak Investasi

Wed, 24 Jun 2020 - Webinar ini merupakan bagian dari value hasanah banking partner yang diusung oleh BNI Syariah dalam memberikan layanan yang terbaik sesuai prinsip syariah.



Non Bank

Menkeu Tetapkan Aturan Penjaminan untuk UMKM dalam Rangka PEN

Selain penjaminan, melalui PMK ini pemerintah juga memb

Menkeu Tetapkan Aturan Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Mitra

Sri Mulyani menetapkan empat bank mitra untuk penempata

AAJI: Pembayaran Klaim Meningkat di Tengah Pandemi Corona

Pembayaran Total Klaim dan Manfaat naik sebesar 4,1%, y

Pengamat Sebut Investasi di Indonesia Masih Menarik

Kondisi fundamental yang baik membuat investor asing ke

Portofolio

Selidiki Kasus Jiwasraya, Internal BPK Dinilai 'Terbelah'

Yang menarik, langkah pelaporan yang ditempuh oleh Agun

Tawarkan SBN, PermataBank: Manfaatkan Potensi Reksadana dan ORI 017

Data riset Bank Permata soal kepemilikan asing pasar ob

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi