Governance, Risk Management & Compliance

Sinergi BUMN Gaungkan Keindahan dan Kenyamanan Aceh

Senin 4 Januari 2016 13:40:0

Selama dua pekan, melalui Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), para siswa dari Kalimantan Barat dan Aceh coba mempromosikan dan mengenal lebih dalam provinsi berjuluk Serambi Mekah ini.

BANDA ACEH, Stabilitas -- Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Perum Jamkrindo dan PT Askrindo melepas sambut Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Selama dua pekan, para siswa dari Kalimantan Barat dan Aceh coba mempromosikan dan mengenal lebih dalam provinsi berjuluk Serambi Mekah ini.

Pimpinan rombongan siswa, Hatta Abdul Haji, mengatakan pasca bencana tsunami dan perjanjian damai Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki, kondisi Aceh sudah jauh lebih aman dan lebih baik. “Kami mengapresiasi program BUMN  seperti ini, agar pelajar generasi muda dapat mempromosikan keindahan alam, budaya, potensi ekonomi,  dan  situasi Aceh terkini yang nyaman dan aman,” ujar guru teladan se-Kalimantan Barat ini, saat mengakhiri kunjungan  ke Provinsi Aceh selama dua pekandi Banda Aceh Sabtu (2/01/2016).

Kunjungan rombongan pelajar dari Kalimantan Barat tersebut merupakan bagian dari program SMN, Indonesia Negeri Kebanggaanku. Panitia melepas rombongan terdiri atas 17 orang siswa-siswi itu ke Pontianak.Di waktu yang bersamaan, panitia  juga menerima para siswa Kelas XI Sekolah Menengah Umum (SMU) asal Aceh usai  berkunjung ke Provinsi DKI Jakarta.

Asisten II Setda Aceh, Azhari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua BUMN yang telah memilih Aceh sebagai salah satu daerah kunjungan pada program Siswa Mengenal Nusantara ini. Ia juga atas nama Pemerintah Aceh  mengapresiasi  Jamkrindo dan Askrindo yang  telah memfasilitasi  penyeleksian siswa-siswi Aceh untuk  mengikuti program ini.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S. Anwar mengatakan program ini menjadi bagian dari program besar “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diluncurkan Menteri BUMN Rini Soemarno pada Agustus lalu.

Dikatakan Diding, program ini merupakan wujud  nyata program nasional  “Ayo Kerja” sekaligus refleksi dari program nasional Gerakan Revolusi Mental.  “Dalam kegiatan ini generasi muda  didorong untuk menumbuhkan rasa nasionalisme  dengan mengenal lebih jauh keanekaragaman budaya dan kekayaan Nusantara sebagai modal kekuatan bangsa bersaing di dunia internasional,” ujarnya melalui pesan singkat.

Selama berada di Aceh, para siswa mengunjungi tiga wilayah, yaitu, Kota Banda Aceh, Kota Sabang dan Takengon. Para siswa nantinya akan mempelajari bidang pendidikan, kebudayaan, potensi wisata dan potensi ekonomi di daerah–daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten II Setda Aceh  menjelaskan, sebagai daerah yang telah menerapkan Syari’at Islam, maka berbagai hal yang berkaitan dengan syari’ah  diterapkan di Aceh. Dengan demikian ada perangkat pemerintah seperti dinas atau badan yang tidak terdapat di wilayah lain di Indonesia, contohnya, Dinas Syari’at Islam, Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah serta Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).

Dikatakan sebanyak 26%  perekonomian daerah berpenduduk hampir 5 juta jiwa ini, bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan, sedangkan selebihnya pada sektor kelautan dan perikanan.

Para pelajar juga mengunjungi beberapa lokasi wisata Aceh.  Di antaranya ke Masjid Raya Baiturrahman. Tugu Nol Kilometer di Sabang  dan keindahan bawah lautnya,  Danau Laut Tawar dan agrowisata Aceh.

Plh. Corporate Secretary Perum Jamkrindo, Hafizah berharap seluruh siswa yang telah terpilih menjadi duta program ini tidak hanya mampu menyerap apa yang mereka lihat dan rasakan di tempat tujuan. Akan tetapi lebih dari itu, apa yang mereka peroleh dapat memicu para siswa untuk turut berkontribusi memajukan bangsa di masa mendatang.

Kepala Cabang Perum Jamkrindo Aceh, Abdillah menambahkan acara tersebut merupakan akhir dari rangkaian panjang program BUMN Hadir untuk Negeri. Sebelumnya  Jamkrindo dan Askrindo telah bersinergi menggelar berbagai program di Provinsi Aceh atas mandatori yang diberikan Kementerian BUMN. Di antaranya bedah rumah veteran, pembagian sembako, pasar murah, pemberian fasilitas laboratorium  untuk SMK, gerak jalan sehat, penanaman mangrove,  dan pawai mobil hias

Jamkrindo Raih BPEA 2020 Predikat Good Performance

Thu, 05 Mar 2020 - Sepanjang 2019 Jamkrindo mencatatkan . Volume penjaminan sebesar Rp203,99 triliun, naik 17% (yoy) dari realisasi volume penjaminan tahun 2018 sebesar Rp174,74 triliun.

Laba Perum Jamkrindo Tumbuh 51 Persen

Thu, 20 Feb 2020 - Pada tahun 2020,target volume penjaminan Jamkrindo adalah Rp231,5 triliun, tumbuh 13,5 persen dari realisasi tahun 2018.

Askrindo dan PGN Berbagi Kasih Di Pontianak

Sat, 21 Dec 2019 - Kegiatan Natal Bersama ini bertujuan, untuk menanamkan semangat toleransi serta mengajak anak-anak panti asuhan berbagi kegembiraan.

Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Sun, 15 Dec 2019 - program pelestarian alam di Geopark Ciletuh merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan kawasan geopark bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan komunitas-komunitas yang ada di wilayah geopark.

Jamkrindo Targetkan Volume Penjaminan 231,5 Triliun

Mon, 02 Dec 2019 - Selain mengakselarasi percepatan peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM nasional Perum Jamkrindo juga berusaha menciptakan ekosistem bagi UMKM.

Jamkrindo Gelar Festival UMKM 2019

Fri, 29 Nov 2019 - Festival UMKM ini dilaksanakan sekaligus untuk menguatkan peran dan fungsi Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan UMKM



Non Bank

OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Lanjutan Bagi IKNB

Penyesuaian Pelaksanaan Teknis Pemasaran PAYDI Dan Kebi

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi