Governance, Risk Management & Compliance

Menkeu Sri Mulyani Lantik 25 Pejabar Eselon II

Senin 9 September 2019 19:52:0

Menkeu Sri Mulyani mendorong pejabat Kemenkeu bersinergi dan memiliki pemikiran strategis.

JAKARTA, Stabilitas – Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik 25 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian Keuangan. Pelantikan pejabat dilakukan dikarenakan adanya mutasi lintas unit Eselon II di Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Inspektorat Jenderal dan Badan Kebijakan Fiskal, serta pengangkatan Direksi Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Mutasi lintas unit merupakan langkah besar dan nyata dalam mendorong sinergi dalam pelaksanaan tugas, memperluas perspektif sehingga mampu berpikir holistik.

"Di manapun Anda berada, Anda harus memahami kondisi makro ekonomi dan menggunakannya dalam mengelola keuangan negara,"ujar Sri Mulyani dalam sambutannya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, (9/9/2019).

Menkeu juga berharap para pejabat Eselon II Kemenkeu mampu membangun pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan negara. Sehingga masyarakat bisa memahami arti pentingnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam membangun perekonomian negara.

"APBN merupakan instrumen yang luar biasa penting di dalam upaya negara ini mencapai tujuannya. Untuk itu, keuangan negara harus dikelola oleh orang-orang yang kompeten, memiliki profesionalisme, berintegritas dan memiliki komitmen yang kuat," ujar Menkeu.

Sri Mulyani melanjutkan, situasi perkembangan jaman berubah sangat cepat, ekonomi selalu bergerak, ketegangan antar negara juga terjadi. Selain itu, dunia sedang mengalami perlambatan pertumbuhan. Indonesia harus waspada, bersiap dengan segala kemungkinan dengan memperkuat fondasi perekonomian. Ini harus menjadi perhatian kita semua.

"Kita sebagai pengelola keuangan negara saat ini mendapatkan tantangan untuk menjaga keuangan negara pada saat ekonomi dunia makin melemah. Kita harus berpikir dan bekerja keras untuk menggunakan instrumen fiskal untuk menjaga stabilisasi" ujar Menkeu.

Selain itu, Pemerintah juga harus terus mengupayakan agar distribusi dan alokasi anggaran adil sehingga masyarakat mampu merasakan adanya kemajuan di dalam kehidupan mereka.

Kepada seluruh pejabat yang dilantik, Menkeu menyampaikan selamat menjalankan tugas. Selamat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan komitmen sesuai dengan janji dan sumpah dengan sepenuh hati. Tumbuhkan terus rasa kebangsaan dan kecintaan kepada negeri Indonesia.

Kemenkeu Mengajar Raih Penghargaan Rekor Dunia MURI

Sat, 16 Nov 2019 - Kegiatan itu dilakoni langsung oleh seluruh jajaran Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia. Terutama, Direktorat Jenderal Pajak, Bea dan Cukai, Perbendaharaan Negara, dan Kekayaan Negara.

Hadapi Risiko Resesi Global, Makro Ekonomi Indonesia Tetap Terjaga

Tue, 12 Nov 2019 - Di tengah perkembangan ekonomi global yang penuh risiko tersebut, kinerja perekonomian Indonesia pada tahun 2019 cukup baik dengan stabilitas yang tetap terjaga dan momentum pertumbuhan yang berlanjut.

OJK Cabut Izin BPRS Hareukat Banda Aceh

Fri, 11 Oct 2019 - OJK menghimbau nasabah PT BPRS Hareukat agar tetap tenang karena dana masyarakat di perbankan termasuk BPRS dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku.

Menkeu: Kepedulian Lingkungan Tanggung Jawab Bersama

Fri, 11 Oct 2019 - Kegiatan bersih-bersih Pantai Tanjung Pasir Tangerang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Oeang ke-73 pada tahun ini.

OJK: Stabilitas Keuangan Tetap Terjaga di Tengah Ketidakpastian Global

Thu, 26 Sep 2019 - Berlanjutnya penurunan harga komoditas di tengah masih tingginya tensi perang dagang antara AS-Tiongkok menjadi tambahan downside risk



Non Bank

Allianz Indonesia Lakukan Berbagai Automasi Digital

Hal ini merupakan langkah Allianz Indonesia untuk mempe

CIMB Niaga dan BPJPH Sinergi Dukung Industri Halal

Kerja sama CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (UUS)

Digibank Jadi Mitra Distribusi Obligasi Ritel Indonesia

ORI016 adalah salah satu instrumen SBN yang ditawarkan

Fintech Do-It dan AIQQON Jalin Kerja Sama Strategis

Kerja sama ini menargetkan jutaan UMKM Go Digital.

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi