Governance, Risk Management & Compliance

Stanchart Bukukan Laba Rp459M

Kamis 8 Agustus 2019 18:26:0

Kenaikan laba tersebut didukung oleh pertumbuhan bisnis di berbagai lini usaha dan efisiensi biaya.

JAKARTA, Stabilitas-- Standard Chartered Bank Indonesia mencatatkan laba bersih sebesar Rp459 Miliar untuk periode semester 1 2019, naik dari Rp252 Miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer, Standard Chartered Bank Indonesia menjelaskan, kenaikan laba tersebut didukung oleh pertumbuhan bisnis di berbagai lini usaha dan efisiensi biaya.

"Pertumbuhan di enam bulan pertama tahun 2019 ditandai oleh pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga masing-masing sebesar 6 persen YoY,"kata Rino di Jakarta.

Pertumbuhan kredit terutama dibukukan di sektor manufaktur dan konstruksi yang merupakan industri-industri penting penggerak ekonomi Indonesia. Efisiensi biaya ditunjukan dengan membaiknya rasio biaya dari 67,8 persen di paruh pertama tahun lalu menjadi 54,5 persen di tahun ini, yang merupakan refleksi dari upaya Bank dalam mengelola pengeluaran dengan lebih optimal.

"Standard Chartered juga mendorong perdagangan di Indonesia dengan menyediakan fasilitas perbankan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan perusahaan-perusahaan Indonesia berbasis ekspor, sebesar 25 persen dari portofolio Bank,"ujarnya.

Rino melanjutkan, bank juga mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 82 persen dibanding tahun sebelumnya, seiring dengan upaya berkelanjutan untuk mentransformasi Standard Chartered Bank Indonesia.

"Memasuki paruh kedua tahun 2019, kami akan terus waspada mengingat adanya ketegangan antara hubungan Amerika Serikat dengan mitra-mitra utamanya, sembari mencermati kebijakan moneter dari bank-bank sentral utama dunia dan fluktuasi harga minyak. Kami akan terus memanfaatkan kemampuan jaringan global kami untuk mendatangkan investasi langsung ke Indonesia, selain juga mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia dalam upaya ekspansi ke luar negeri."papar Rino.

Bank juga terus berinovasi untuk menghadirkan terobosan baru bagi konsumen Indonesia. Pada Mei 2019, Standard Chartered bermitra dengan Mandiri Manajemen Investasi, meluncurkan fitur reksa dana baru "T+0" yang memungkinan penerimaan hasil penjualan di hari yang sama, sementara standar di pasaran adalah tiga hari kerja.

Sejalan dengan strategi Bank untuk fokus pada inovasi digital, Standard Chartered telah meluncurkan dua solusi baru yaitu SmartGoals dan Online Mutual Funds (OMF) untuk menyediakan layanan rekomendasi investasi dan juga sebagai platform transaksi reksa dana secara online yang dapat diakses melalui aplikasi mobile Bank, "SCMobile".

Anwar Harsono, Chief Financial Officer, Standard Chartered Bank Indonesia menyatakan pihaknya terus menjalankan pengelolaan likuiditas yang cermat untuk memastikan likuiditas optimal tersedia untuk mendukug pertumbuhan Bank, sembari mempertahankan margin bunga yang optimal.

"Net Interest Margin (NIM) Bank meningkat dari 4.2 persen di H1 2018 menjadi 4.6 persen pada H1 2019,"kata Anwar.

Amartha Gaet Bank Permata Tingkatkan Keamanan Transaksi

Mon, 12 Aug 2019 - Bank Permata menyediakan rekening dana lender bagi pemberi pinjaman di aplikasi Amartha.

Kinerja Bagus, CIMB Niaga Raih Dua Penghargaan

Thu, 01 Aug 2019 - Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi perbankan domestik di Asia yang memiliki kegiatan usaha di bidang pembiayaan investasi dan korporasi.

BNI Syariah Rambah Kampus Yogyakarta

Tue, 30 Jul 2019 - Kerja sama yang dilakukan terkait penyediaan pembayaran biaya pendidikan melalui layanan BNI Syariah di UPN dan UII.

BCA Syariah - Blibli Perluas Akses Produk Syariah

Tue, 30 Jul 2019 - Kerjasama BCA Syariah dan Blibli.com meliputi pemasaran produk Pembiayaan Multijasa Umrah dengan mekanisme referral.

Turun, Maybank Bukukan Laba Rp757 miliar

Mon, 29 Jul 2019 - Maybank Indonesia sepanjang semester I tahun 2019 juga menyalurkan kredit Rp135,4 triliun atau tumbuh 6,6 persen year-on-year.



Non Bank

Kian Mudah, Adira Perkenalkan Klaim #1JariBeres

Sepanjang tahun 2019, Adira Insurance telah menerima 4.

Kredivo Luncurkan Inovasi Terbaru

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memilih opsi cicila

Adira Insurance Buka Kantor Perwakilan di Pusat Perbelanjaan

Keberadaan kantor representatif Adira Insurance ingin m

Gandeng Ralali.com, ASM Maksimalkan E Commerce

Secara korporasi, kerjasama dengan Ralali.com ini juga

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi