Governance, Risk Management & Compliance

Sun Life Jalin Kerjasama dengan 2 Lembaga Wakaf

Senin 9 Maret 2020 16:52:0

Hingga saat ini, dalam menyalurkan dana wakaf yang diterimanya, Sun Life telah berkolaborasi dengan sembilan nazhir terpercaya, yaitu: Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, Badan Wakaf Indonesia, iWakaf, Wakaf Daarut Tauhid, Badan Wakaf Alquran, Baitul Maal Muama

JAKARTA, Stabilitas-- PT Sun Life Financial Indonesia hari ini (9/3/2020) mengumumkan kerja sama terbarunya bersama dua pengelola aset wakaf (nazhir), Wakaf Al-Azhar dan Baitul Wakaf. Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Norman Nugraha, Chief Sharia Business PT Sun Life Financial Indonesia bersama Ust. Ahmad Ahidin Direktur, Eksekutif Wakaf Al-Azhar dan Rama Wijaya, Direktur Baitul Wakaf.

Norman Nugraha, Chief Sharia Business PT Sun Life Financial Indonesia menyatakan, sebagai pionir di industri asuransi syariah tanah air, Sun Life berkomiten untuk terus memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta memfasilitasi masyarakat dalam melakukan ibadah wakaf.

"Kerja sama yang kami jalin bersama Wakaf Al-Azhar dan Baitul Wakaf menjadi bagian dari upaya kami dalam menghadirkan pilihan yang lebih luas bagi para nasabah dalam menyalurkan dana wakaf mereka, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan potensi dana wakaf di Indonesia,"ujar Norman.

Data Badan Wakaf Indonesia (BWI) menyebut saat ini potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp188 triliun setiap tahunnya. Sayangnya, saat ini potensi wakaf yang terealisasi baru sekitar Rp400 miliar. Artinya, potensi pemanfaatan dana wakaf untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemaslahatan masyarakat masih sangat besar.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama terus mendorong pemberdayaan wakaf produktif untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa. Melihat kondisi ini, sejak 2017 lalu, Sun Life menginisiasi penambahan fitur wakaf bagi para pemegang polis asuransi syariah. Gagasan Sun Life ini juga memperoleh dukungan dan pengawasan langsung dari DSN-MUI.

Menanggapi kerja sama yang terjalin, Rama Wijaya, Direktur Baitul Wakaf menyampaikan, meski potensi wakaf di Indonesia demikian besar, masih terdapat sejumlah kendala yang menghambat perkembangannya. Literasi masyarakat seputar wakaf masih sangat rendah, dan masih terbatas pada tiga M: Masjid, Madrasah dan Makam.

"Dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan pengelola keuangan berbasis syariah seperti Sun Life Indonesia, kami berharap dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat akan manfaat dari wakaf, sekaligus memfasilitasi masyarakat dalam menyalurkan dana wakaf mereka. Ditambahkan, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Baitul Wakaf untuk berbagai program, di antaranya: program pendidikan  daerah 3 T (terpencil, terluar dan tertinggal), dakwah daerah 3T, sosial dan bencana, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi mikro,"beber Rama.

Sambutan positif dari kemitraan ini juga disampaikan oleh Ust. Ahmad Ahidin Direktur Eksekutif Wakaf Al-Azhar. Ia mengatakan, penghimpunan dana yang baik, serta manajemen wakaf yang tepat sasaran dan efektif, menjadikan wakaf sebagai salah satu instrumen yang berpotensi dalam pengembangan ekonomi dengan cara menciptakan aset-aset produktif yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan umat.

"nilah mengapa kami menyambut baik kerja sama yang terjalin dengan Sun Life. Nantinya, dana wakaf yang dihimpun dari Sun Life Indonesia akan kami alokasikan untuk pendirian Rumah Gemilang Indonesia (RGI) di Lampung, yang berfokus pada pendidikan tenaga siap kerja bagi kaum dhuafa. Dengan demikian, kami berharap melalui kolaborasi ini, kami dapat menyalurkan dana wakaf dengan tepat sasaran, sehingga kami dapat mencetak tenaga yang produktif dan siap untk bersaing,"ujarnya.

Dalam memasarkan produk syariahnya, Sun Life didukung oleh tenaga pemasar yang tersertifikasi wakaf secara resmi oleh Sun Life, bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Selain memiliki pemahaman mendalam terkait produk, tenaga pemasar Sun Life juga dibekali dengan wawasan terkait jenis wakaf dan peruntukannya.

"Kami berharap, industri asuransi syariah yang mengusung prinsip universal, dapat memberikan dampak positif bukan hanya bagi pemegang polis, tapi juga masyarakat luas, salah satunya melalui manfaat wakaf yang disematkan pada setiap produk asuransi syariah. Dengan menggandeng mitra-mitra terpercaya, nasabah dapat memilih peruntukkan dana wakaf yang mereka salurkan melalui berbagai sektor sosial yang membutuhkan, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan,"tutup Norman.

 

 

Perangi Diabetes,Sun Life Gelar Resolution Run 2020

Tue, 07 Jan 2020 - Libatkan komunitas, Sun Life Resolution Run 2020 jadi ajang kompetisi lari sekaligus berdonasi.

BNI Syariah Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi dalam Proyek Wakaf

Wed, 18 Sep 2019 - BNI Syariah sebagai Lembaga Keuangan Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) telah menjalankan perannya sejak tahun 2008.

Layanan Wakaf Saham Diluncurkan

Thu, 08 Aug 2019 - Galeri wakaf saham ini nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual beli saham syariah.

Peran Waqaf Tunai dalam Impact Investing

Thu, 25 Jul 2019 - Wakaf tunai memiliki potensi besar untuk menjadi instrumen pembangunan melalui impact investing.

BNI Syariah Fasilitasi Transaksi Wakaf Tunai Syarikat Islam

Sun, 26 May 2019 - Wakaf Hasanah disediakan oleh BNI Syariah sebagai pendorong stakeholders, lembaga wakaf dan masyarakat untuk bersinergi membangun kemandirian ekonomi umat melalui fundraising wakaf



Non Bank

Kredit Kuartal I CIMB Niaga Finance Tumbuh 52%

Kredit atau pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga Finan

Allianz Life Indonesia Perkenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru

Sampai 2019 produk asuransi jiwa unitlink masih mendomi

MTF Beri Restrukturisasi Rp 5 Triliun bagi Pelanggan Terdampak Covid-19

Mandiri Tunas Finance menyalurkan 11.000 Paket Sembako

Portofolio

Berharap Pada Prospek Saham BUMN

Saham-saham Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN

Mandiri Sekuritas Permudah Proses Pembukaan Rekening Efek

Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat berinvestasi di

Kemenkeu Terbitkan SUN dengan Tenor 50 Tahun

SUN tersebut diterbitkan guna memenuhi kebutuhan pembia

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi