Governance, Risk Management & Compliance

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

Kamis 15 Agustus 2019 23:44:0

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan harga emas memang mengalami terus mengalami tren kenaikan.

JAKARTA, Stabilitas—Tamasia, platform investasi fisik emas digital secara syariah melalui Chief Executive Officer Tamasia Muhammad Assad mengatakan selama tahun 2019 pihaknya menargetkan jumlah penjualan emas sebesar 150 kilogram (kg). Target ini dipatok lantaran dirinya menilai market penjualan emas terus tumbuh.

"Saat ini Tamasia sudah punya 200 ribu user aktif. Kalau melihat harga emas yang konsisten tumbuh kami prediksikan bisa menjual hingga 150 kg tahun ini,"ujar Assad seusai konferensi pers di Plaza Indonesia Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Assad menyebut, dari 200 ribu pengguna aplikasi ini, 70 persen di antaranya berasal dari kalangan milenial yang mulai melek investasi sehingga kian mendorong pertumbuhan penjualan emas di Indonesia.

"Selain target penjualan, kami juga menargetkan pengguna sampai akhir 2019 ini tumbuh terus sampai 500 ribu user,"imbuh Assad.

Untuk mendukung bisnisnya, Tamasia telah mendaftarkan izin usaha kepada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Keamanan berinvestasi emas digital pada aplikasi Tamasia akan semakin terjamin karena telah memenuhi Peraturan Bappebti Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital yang ditetapkan pada Februari 2019.

Bappebti mengatur bahwa setidaknya ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi penyelenggara investasi fisik emas digital untuk mendapatkan izin usaha, yaitu keanggotaan pada bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka, minimal permodalan serta penyimpanan fisik emas di tempat penyimpanan khusus.

"Semua proses jual beli emas yang dilakukan di aplikasi Tamasia sangat mudah melalui teknologi, aman secara hukum dan berasaskan prinsip syariah yang transparan,"paparnya.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Sahudi menerangkan bahwa peraturan ini memberikan ruang bagi inovasi perdagangan emas secara digital di Indonesia. Investasi lewat platform digital semakin digemari oleh masyarakat karena mudah dan praktis.

"Oleh sebab itu, pemerintah berkewajiban melindungi dan menjamin keamanan masyarakat dalam kegiatan investasi fisik emas digital,"ujar Sahudi dalam pemaparannya.

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta Stephanus Paulus Lumintang menambahkan keeberadaan peraturan Bappebti dapat mendukung pembentukan harga di bursa berjangka, memberikan perlindungan nilai baik secara fisik maupun futures, serta menjadi market makers atau penyedia likuiditas di bursa berjangka.

"Pada akhirnya peraturan ini bertujuan untuk melindungi dua pihak, yaitu pedagang dan konsumen pasar fisik emas digital di Indonesia,"timpal Stephanus.

Emas digital adalah emas yang catatan kepemilikannya dilakukan secara digital. Proses transaksi jual beli emas digital dilakukan melalui platform digital seperti aplikasi atau website. Walaupun transaksi dilakukan secara digital, kepemilikan fisik emas tetap menjadi syarat wajib bagi para pedagangnya. Pedagang emas digital harus dipastikan memiliki bentuk fisik emas sebelum melakukan penjualan dan harus disimpan di tempat penyimpanan khusus yang rencananya akan dibangun di Indonesia pada tahun depan.

Pedagang juga harus menyetorkan modal minimal dua puluh miliar dengan saldo modal akhir minimal enam belas miliar, atau 2/3 dari nilai pengelolaan emas pelanggan paling lambat 8 Februari 2022. Kemudian, mulai 9 Februari 2022, kepemilikan modal harus mencapai seratus miliar, dengan saldo modal akhir minimal delapan miliar atau 2/3 dari nilai emas milik pelanggan.

Tamasia merupakan platform aplikasi digital yang menawarkan nilai tambah membeli emas secara murah, mudah dan syariah. Melalui Tamasia, pelanggan memperoleh fasilitas yang mudah, cepat dan terpercaya dalam jual beli emas, titip emas serta simpan emas yang dijalankan berdasarkan sistem syariah.

Akuisisi Holcim, Semen Indonesia Makin Siap Hadapi Perdagangan Bebas

Mon, 19 Aug 2019 - Posisi Holcim Indonesia (SMCB) di pasar juga cukup kuat, sehingga bergabungnya SMCB ke Semen Indonesia tentu sangat menguntungkan.

Kemenkeu Buka Masa Penawaran Sukuk Negara Tabungan Seri ST005

Thu, 08 Aug 2019 - Sukuk Tabungan seri ST005 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 8-21 Agustus 2019. Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST005 di 22 mitra distribusi yang telah ditentukan.

LPS Siapkan Platform Pelaporan Terintegrasi

Mon, 29 Jul 2019 - LPS menargetkan, pada tahun depan platform pengaduan sudah bisa digunakan untuk melaporkan laporan keuangan bank kepada otoritas

LPS Likuidasi 6 BPR Bermasalah

Mon, 29 Jul 2019 - Dengan dilikuidasinya 6 bank pada paruh pertama tahun 2019 ini, maka jumlah total bank yang telah ditutup sejak LPS beroperasi berjumlah 98 bank.

Dituduh Rugikan Nasabah, Northcliff Minta Waktu Bertemu OJK

Mon, 29 Jul 2019 - Tim Waspada Investigasi OJK berencana akan memanggil NCI lantaran keluhan satu nasabah yang merasa dirugikan. Namun pihak NCI akan menjelaskan sendiri hal tersebut ke pihak otoritas.



Non Bank

Pendapatan Industri Asuransi Jiwa QII 2019 Tumbuh 31,9%

Di kuartal Kedua 2019, total Pendapatan Premi memang me

AAJI Gali Potensi Pasar Asuransi Jiwa di Segmen Milenial

AAJI kembali menyelenggarakan DRIM AAJI 2019 pada 25-27

Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Bermitra dengan Lifepal

PT Asuransi Cigna meresmikan kerja sama dengan Lifepal,

Perluas Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Baru di Palembang

Pembukaan kantor lantaran didukung oleh potensi dan tin

Portofolio

Tamasia Targetkan Jual 150 Kg Emas

CEO dan Co Founder Tamasia Muhammad Assad mengungkapkan

Unilever Raup Laba Rp21,5Triliun

Penjualan di pasar domestik mendominasi pendapatan bers

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi