Governance, Risk Management & Compliance

UGM Juarai CIMB ASEAN Stock Challenge dan Raih Hadiah US$12.000

Senin 15 Januari 2018 16:45:0

ASC 2.0 menyertakan dua fitur baru –perdagangan dengan platform selular dan analitika prediktif– untuk menguji kemahiran peserta membuat analisa dan memanfaatkan perangkat digital terkini sehingga mereka dapat lebih cepat dan cerdas memilih saham.

JAKARTA, Stabilitas -- Tim “Management” dari Universitas Gadjah Mada meraih gelar Juara Regional CIMB ASEAN Stock Challenge 2.0 (ASC 2.0), sehingga berhak memenangkan uang tunai US$12.000 dan study tripke Tokyo Stock Exchange.

Pada tahun ke-8 penyelenggaraannya, ajang Challengeberganti nama menjadi ASC 2.0 dan menyertakan dua fitur baru –perdagangan dengan platform selular dan analitika prediktif– untuk menguji kemahiran peserta membuat analisa dan memanfaatkan perangkat digital terkini sehingga mereka dapat lebih cepat dan cerdas memilih saham.

Tim “Management”, menjadi yang terbaik di antara 3.727 tim mahasiswa strata satu dari 200 perguruan tinggi di enam negara anggota ASEAN, lebih banyak 7% dibanding ajang terdahulu. Perdagangannya memanfaatkan uang tunai virtual secarareal-timedan berlangsung di lima bursa efek utama sekawasan: Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia (BEI), Singapore Exchange (SGX), Stock Exchange of Thailand (SET) dan Hong Kong Stock Exchange (HKEX). Pada Babak Final, keenam tim finalis untuk tahap regional menyajikan strategi perdagangan masing-masing kepada juri, yang titik beratnya adalah perencanaan strategis danlangkah investasi dengan memperhatikan prospek jangka panjang dan fundamental yang kuat.

Tim “Liquidity Capital” dari National Unverstity of Singapore dinobatkan sebagai Juara Kedua, dan membawa pulang hadiah tunai US$8.000. Sebagai Juara Ketiga terpilih Tim “The Brilliant” dari The University of Cambodia yang mengantongi hadiah US$5.000, sementara Tim “TA” dari Management and Science University Malaysia, Tim “Ray Kim” dari Chiang Mai University Thailand, dan Tim “HIO” dari Politeknik Brunei berhasil keluar sebagai Juara Keempat, Kelima dan Keenam, dan memperoleh hadiah uang tunai masing-masing sebesar US$2.500, US$1.500, dan US$800.

Group Chief People Officer, CIMB Group, Dato' Hamidah Naziadin, mengatakan, CIMB mengemban tanggung jawab mengembangkan Asia Tenggara, dan ini mencakup pengembangan kaum muda dan sosok bertalenta di seluruh kawasan ekonomi ini.

“ASC 2.0 juga cara kami membuat warga muda kian sadar bahwa ASEAN berpotensi menunjang Asia yang diprediksi tumbuh kuat, dan bahwa digitalisasi –dalam hal ini perdagangan saham–terbilang mampu menghilangkan batas-batas dan menghadirkan peluang yang begitu besar namun belum termanfaatkan. Dimasukkannya fitur transaksi selular dan analitika data prediktif dalam lingkungan perdagangan antar-negara juga menunjukkan bahwa Challenge semakin matang dan berevolusi sehingga mahasiswa dapat merasakan pengalaman berharga melakukan perdagangan saham yang sesungguhnya," katanya di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Banyak sekali kemajuan yang sudah dicapai Challenge sejak pelaksanaan perdananya pada 2010, ketika yang bertransaksi hanya tim-tim dari Malaysia dan yang diperdagangkan pun hanya saham-saham Malaysia. Pada ajang yang kedelapan, Brunei menjadi peserta untuk pertama kalinya, bergabung dengan mahasiswa strata satu dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand dan Kamboja.

Pada November 2017, diumumkan enam Juara Nasional di keenam negara ASEAN yang menjadi tempat penyelenggaraan Challenge. Pemenang diseleksi usai berlangsungnya pertandingan selama tiga minggu, dan tiga tim terbaik di masing-masing dari keenam negara dipilih berdasarkan persentase perolehan tertinggi. Ketiga tim terbaik dari setiap negara (Juara Nasional) selanjutnya menyerahkan makalah strategi dan yang strateginya paling bagus ditetapkan sebagai Pemenang Nasional. Dari strategi penjuriannya tampak bahwa fokus Challenge adalah memilih saham demi peningkatan keuntungan jangka panjangdanmodal, bukannya keuntungan jangka pendek.

Pada Babak Final, keenam Juara Nasional mempresentasikan strategi perdagangan yang mereka terapkan selama pelaksanaan kompetisi kepada dewan juri yang beranggotakan tim manajemen CIMB dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia, serta juri tamu dari BEI. Mahasiswa dinilai berdasarkan strategi investasi jangka pendek dan jangka panjang, kemampuan mereka memilih sahamdanmembuat keputusan berinvestasi, serta kemahiran mereka memanfaatkan data analisa prediktif.

Rayakan HUT ke-63, CIMB Niaga Serahkan Bus Tingkat ke Pemkot Semarang

Wed, 26 Sep 2018 - "Kami berharap dengan bertambahnya armada bus wisata Pemkot Semarang melalui bantuan corporate social responsibility CIMB Niaga, animo masyarakat untuk berwisata mengelilingi kota Semarang makin meningkat," katanya.

CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

Thu, 20 Sep 2018 - CIMB Niaga berkomitmen menyebarkan pesan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan melalui gelaran CNNF 2018, karena yoga memiliki jiwa dan semangat yang mencerminkan kepedulian terhadap kesehatan jasmani, rohani, dan selalu selaras dengan alam.

13 Ribu Peserta Berpartisipasi dalam The Color Run CIMB Niaga 2018

Sun, 16 Sep 2018 - Mengusung tema "Hero Tour", event ini mengajak 13.000 peserta lari santai menjadi pahlawan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

CIMB Niaga Fasilitasi Dana Talangan Klaim BPJS Kesehatan

Wed, 12 Sep 2018 - CIMB Niaga memberikan pembiayaan kepada Faskes dengan pola anjak piutang. Dengan begitu, Faskes dapat menerima pembayaran lebih awal dari bank atas tagihannya ke BPJS Kesehatan sampai adanya penyelesaian pembayaran dari BPJS Kesehatan dilakukan.

Kembangkan Digital Banking, CIMB Niaga Syariah Optimalkan Teknologi

Fri, 24 Aug 2018 - Terbaru, inovasi tersebut diwujudkan melalui mobile apps e-Salaam, yaitu aplikasi hasil kerja sama rekanan dengan CIMB Niaga Syariah untuk membantu nasabah membayar zakat dan wakaf ke berbagai Lembaga Amil Zakat dan lembaga wakaf.

Sambut HUT RI ke-73, CIMB Niaga Tawarkan KPR Bebas Merdeka

Thu, 09 Aug 2018 - "Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, kami memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian idaman dengan uang muka dan suku bunga ringan melalui KPR Bebas Merdeka..."



Non Bank

Presiden Jokowi: Pengembangan Ekonomi Digital Butuh Kebijakan yang Akomodatif

Pengaturan yang akomodatif menjadi semakin penting, aga

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

OJK Temukan 182 Fintech dan 10 Entitas Penawaran Investasi Tanpa Izin

Jumlah peer to peer lendingtidak berijin yang ditemukan

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi