Governance, Risk Management & Compliance

XL Axiata Genjot 4G di 100 Kota Sepanjang 2017

Jumat 24 Februari 2017 21:2:0

Konsumsi layanan Data XL Axiata rata-rata sekitar 3,5 GB/bulan, meningkat dari semula 500 MB/bulan. Khusus pelanggan 4G, rata-rata pemakaian Data sebesar 6,78 GB/bulan.

CIREBON, Stabilitas -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dipastikan akan terus memperluas layanan 4G LTE di sepanjang tahun 2017 ke depan. Sekitar 100 kota lagi akan dipasang jaringan internet cepat tersebut, baik di Jawa maupun di pulau besar lain. Perluasan ini merupakan implementasi dari komitmen untuk terus meningkatkan jangkauan layanan Data berkualitas ke berbagai wilayah layanan XL Axiata. Hingga akhir tahun 2016, XL Axiata sudah menyediakan layanan 4G LTE di hampir 100 kota di seluruh wilayah Indonesia.

“Perluasan layanan 4G LTE tahun 2017 ini akan lebih banyak mengarah pada kota-kota menengah, termasuk sejumlah ibukota provinsi di Sumatera dan Kalimantan. Sementara kami mentargetkan sekitar 100 kota, dengan prioritas kota yang memang memiliki tingkat permintaan tinggi untuk internet ceopat 4G LTE. Seiring dengan semakin memasyarakatnya berbagai layanan digital, memang terjadi peningkatan cukup signifikan atas adopsi layanan 4G oleh masyarakat di berbagai daerah,” kata Vice Presiden LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono melalui siaran pers, Kamis (23/2/2017).

Rahmadi  menambahkan, salah satu indikator semakin banyaknya permintaan atas layanan 4G adalah naiknya penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan XL. Saat ini ada sekitar 29 juta pelanggan XL Axiata yang telah aktif mengkonsumsi layanan Data. Sementara itu, jumlah pelanggan 4G XLhingga saat ini juga terus meningkat menjadi sekitar 12 juta, dari sebelumnyasekitar 10 juta per akhir 2016 lalu. Dengan semakin banyaknya produk smartphone 4G berharga terjangkau di pasar, XL Axiata yakin tingkat adopsinya oleh pelanggan juga akan terus meningkat.

Lebih jauh Rahmadi menjelaskan, perluasan jangkauan layanan 4G oleh XL Axiata juga disertai dengan peningkatan kualitas jaringan yang menopangnya. Implementasi sejumlah teknologi 4G LTE yang mampu mengoptimalkan spektrum, sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi, juga akan terus diperluas sesuai dengan karakter dan kebutuhan di daerah. Seperti yang sudah diketahui, saat ini XL Axiata telah menerapkan teknologi 4T4R 4x4 MIMO di frekuensi 1800 MHz untuk meningkatkan kapasitas LTE hingga 50%. Lalu juga ada 256 QAM untuk meningkatkan efisiensi spektrum hingga 30%.

Selain itu, XL Axiata juga sudah menguji teknologi CA (carrier aggregation) dan LAA (Lisence Assisted Access) untuk penerapan di masa depan.Implementasi teknologi-teknologi tersebut di sejumlah area layanan sekaligus menempatkan layanan 4G LTE XL Axiata setaraf dengan 4,5G. Ke depan, XL Axiata akan terus mengembangkan jaringan dan inovasi teknologi 4.5G itu dengan tujuan untuk memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pelanggan dan menyediakan model operasi layanan data yang lebih efisien. Hingga saat ini XL Axiata telah memiliki lebih dari 8.000 BTS 4G serta lebih dari 2.500 BTS 4,5G

Untuk 2017, XL Axiata membangun jaringan transmisi yang disebut dengan Transport 4.0 untuk mendukung layanan broadband 4.5 G.  XL Axiata juga mengalokasikan sebagian besar belanja modal untuk pembangunan BTS broadband 3G/4G. Capex sebesar Rp 7 triliun untuk tahun ini, sekitar 80% di antaranya akan dipergunakan untuk pengembangan jaringan, terutama 4G,dan selebihnya untuk IT dan operasional bisnis.

Lelang Spektrum

Trafik Data yang terus meningkat, baik 3G maupun 4G, telah meningkatkan kebutuhan XL Axiata untuk menjamin kualitas di masa depan. Sebagai gambaran, saat ini konsumsi penggunaan layanan Data secara rata-rata telah meningkat secara signifikan menjadi sekitar 3,5 GB/bulan, meningkat dari semula 500 MB/bulan. Khusus pelanggan 4G, rata-rata pemakaian Data sebesar 6,78 GB/bulan.

Kegairahan di layanan Data ini pun telah menempatkan kontribusi pendapatan dari layanan Data per Q4 2016 meningkat menjadi 50% dari pendapatan perusahaan. XL Axiata berharap pendapatan dari Data akan terus meningkat tahun ini.

“Untuk itu, XL Axiata sangat antusias untuk bisa menambah spektrum 2100 MHz. XL Axiata akan mengikuti lelang spektrum yang digelar pemerintah pada tahun ini. Tambahan frekuensi 2100 MHz akan bisa dipakai menopang layanan 3G dan 4G. Anggaran untuk mengikuti tender juga sudah disiapkan, di luar capex 2017,” pungkas Rahmadi.

Mengail di Air yang Masih Keruh

Thu, 06 Oct 2016 - Pemerintah yang semula menurunkan tarif interkoneksi kemudian malah mengkaji ulang aturan tersebut. Tak pelak sejumlah operator bersikukuh tetap menjalankan aturan itu.

EXCL Perluas Pengguna Teknologi 3G di Luar Jawa

Mon, 03 Oct 2016 - PT XL Axiata Tbk baru saja melaunching jaringan 3G khususnya untuk di luar Jawa melalui frekuensi 900 MHz yang diklaim memiliki jangkauan yang lebih luas dan layanan lebih baik.

XL Jajal Teknologi 4G Melalui Extreme HD 360° Video

Wed, 19 Aug 2015 - XL memberikan bukti bahwa layanan 4G LTE miliknya juga bisa digunakan dengan lancar untuk chatting maupun browsing internet pada umumnya.



Non Bank

Presiden Jokowi: Pengembangan Ekonomi Digital Butuh Kebijakan yang Akomodatif

Pengaturan yang akomodatif menjadi semakin penting, aga

Bhinneka Life Gelar Literasi Keuangan untuk Guru Se-Yogyakarta

Mengajak peran serta para guru mata pelajaran ekonomi d

Mandiri Inhealth Tangani 447 Kasus di Asian Games 2018

Bukti dukungan Mandiri Inhealth dalam ajang Asian Games

OJK Temukan 182 Fintech dan 10 Entitas Penawaran Investasi Tanpa Izin

Jumlah peer to peer lendingtidak berijin yang ditemukan

Portofolio

Ini 57 Entitas Yang Aktivitasnya Dilarang Satgas Waspada Investasi OJK

Imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tida

Gandeng China Galaxy Securities, CIMB Awali Bisnis Pialang Saham di Asia

Usaha patungan berpeluang tumbuh untuk mendukung aktivi

Menkeu Berharap Pemda Manfaatkan Investasi untuk Bangun Daerah

Menkeu mencontohkan daerah Halmahera Utara dan Tabanan

Masyarakat Indonesia Mulai Minati Cryptocurrency

puluhan ribu masyarakat Indonesia diklaim telah mulai t

Interview

Glen Alexander Winata: Utamakan Proteksi Nasabah, Komisi Pasti Mengikuti

Pada awalnya, kebanyakan agen asuransi pemikirannya sel

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi