Governance, Risk Management & Compliance

Edisi 129 Maret 2017

Pembaca yang budiman. Tak berlebihan kalau kali ini kami menyebutnya edisi yang sedang Anda pegang saat ini sebagai edisi spesial.

Ini adalah kali pertama kami menyajikan laporan khusus mengenai ajang yang telah kami laksanakan pada Maret lalu. Ajang itu adalah Indonesia Employee Engagement Award (IEEA) 2016 yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Blessing White Indonesia, sebuah konsultan SDM global.  Penghargaan bagiperusahaan-perusahaan jasa keuangan di Indonesia yang telah mempraktikkan strategi employee engagement ini menjadi yang pertama dilakukan di Indonesia, sekaligus yang pertama bagi kami.

Employee engagement memang belum menjadi isu penting dalam pengelolaan SDM di Indonesia. Padahal karyawan yang dengan sepenuh hati terlibat dengan perusahaan merupakan faktor penting tetap bertahannya kinerja perusahaan meski ketika ekonomi menjadi sangat menantang seperti sekarang ini.

Padahal dalam sebuah riset global yang dipublikasikan Harvard Business Review pada 2013, karyawan yang melibatkan diri dengan sepenuh hati terhadap pekerjaannya (highly- engaged employee) adalah solusi dari pertumbuhan maupun strategi bertahan hidup dalam bisnis. Dalam laporan utama kali ini, kami akan menampilkan laporan penyelenggaraan acara itu, sejak awal persiapan sampai malam penganugerahan, tak lupa juga mengenai strategi employee engagement itu sendiri.

Pada tulisan pertama kami akan menampilkan semacam background dari pentingnya penerapan strategi yang bisa membuat karyawan memiliki engagement yang tinggi pada perusahaan. Di situ juga diulas mengenai riset-riset yang pernah dilakukan sebelumnya di luar negeri terkait employee engagement.

Pada bagian selanjutnya akan diulas tahapan-tahapan mengenai acara Indonesia Employee Engagement Award (IEEA) 2016. Sejak persiapan pada Agustus tahun lalu berupa executive breakfast meeting. Setelah itu berturut setiap bulan di Majalah Stabilitas sebagai bentuk sosialisasi, juga ditampilkan tulisan-tulisan mengenai pentingnya employee engagement bagi perusahaan. Kemudian pembukaan pendaftaran peserta sejak Oktober hingga 9 Desember.

Setelah itu proses dilanjutkan dengan meng-input Data Survei yang terdiri dari pengiriman link survei kepada perusahaan peserta pada 13- 14 Desember 2016 dan perusahaan menginput data pada 19-30 Desember 2016.
Hingga akhirnya pada malam penganugerahan awal Maret lalu.

Pada bagian lain kami juga akan menampilkan pro l para pemenang dalam ajang tersebut. yang diulas adalah program-program mereka terkait employee engagement dan juga hasil- hasil yang didapat. Pemenangnya adalah Bank Mandiri, Maybank, Pegadaian dan Bank BNI. Setelah itu juga akan ulas mengenai hasil survey yang sudah dilakukan pada Oktober dan Desember terutama terhadap empat bank pemenang.

Last but not least, pada bagian akhir laporan kami juga akan mengulas program-program atau strategi-strategi yang biasa digunakan perusahaan dalam meningkatkan employee engagement seperti strategi memaksimalkan internal communication, program-program yang inovatif dan juga program khusus untuk karyawan millennials yang tergolong Gen Y.

Meski harus menyajikan laporan khusus itu, kami tidak melupakan untuk tetap menyajikan tulisan-tulisan lain dalam rubrik-rubrik tetap kami, tentu dengan mengedepankan sisi governance manajemen risiko, dan compliance.

Selamat membaca.

Versi PDF untuk Majalah Stabilitas dapat didownload di link berikut ini


Non Bank

CIMB Niaga Persembahkan Film ‘Banda The Dark Forgotten Trail’

Film ini menuturkan ulang kisah sejarah Kepulauan Banda

Aset Jamkrindo Syariah Tumbuh 135 Persen

Aset JamSyar tumbuh 123 persen bila dibandingkan dengan

Zakat untuk UKM Dikembangkan

Zakat yang ditunaikan Jamkrindo Syariah menambah daftar

AAJI: Q1/2017 Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 16,4 Persen

Total pendapatan premi merupakan kontributor terbanyak

Portofolio

Tradisi ‘Bendera Putih’ BEI

Lagi-lagi PT Bursa Efek Indonesia merevisi targetnya. K

Siap Go Private, Saham LAMI Dibuyback Pendirinya

BEI telah mengkonfirmasi bahwa sedikitnya dua emiten te

CIMB dan China Galaxy Jajaki Kerjasama Stockbroking

Dalam usaha patungan tersebut, kedua perusahaan yang te

AAEI Ajak Masyarakat Berinvestasi Saham

AAEI mengajak masyarakat agar tak ragu lagi untuk berin

Interview

Pengamat Syariah: Dorongan Pemerintah Adalah Kunci

"Pemerintah itu harus ada inisiatif, misalnya proyek Rp

Tren Kendaraan Komersial Menurun

Harga komoditas global yangterus berada di level terend

Satelit adalah Kekuatan BRI

Jalan sejarah sedang ditapaki oleh Bank Rakyat Indonesi

Profesional Indonesia Berpotensi Pindah Negara

Pasar bebas ASEAN yang berlaku efektif awal tahun 2016

Riset

INDEF: Reformasi Agraria butuh Regulasi

payung hukumnya untuk membagikan kan harus ada. Payung

Tidak Merata, Pulau Jawa Dominasi Pertumbuhan Negara

Apabila sumber pertumbuhan dapat lebih tersebar maka ke

Inklusi Keuangan Meningkat Jadi 67,82 Persen

Indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pada angka

Tax Amnesty Berpotensi Masuki Jilid II

Tax amnesty itu diperpanjang katakanlah setahun lagi bi